www.ozankicaumania.com

Wednesday, 6 May 2020

Racikan Pakan Lovebird Juara

RACIKAN CAMPURAN OLAHAN PAKAN BIJI-BIJIAN LOVEBIRD

Mungkin para LoveBird Lover’s di luaran sana sudah banyak yang tahu juga soal racikan ini, atau mungkin juga ada yang tidak oke menggunakan racikan ini, sebab sempat juga saya ngobrol dengan salah satu Breeder LB kelas Kakap (bermodal gede..he..he).
s di luaran sana sudah banyak yang tahu juga soal racikan ini Racikan Pakan Lovebird Juara
Bahwa bagi beliau LB di alam bebasnya memakan kuliner apa adanya tanpa di olah terlebih dahulu, nahh.. bagi dia biji-bijian (Milet Merah/Putih, Kwaci, Canary Sheet, dll.) tidak perlu dicuci atau diolah terlebih, biarkan saja apa adanya. Nahh..ya itu tadi kembali ke prinsip dan metode ternak/pemeliharaan LB masing masing serta tentunya
kemampuan masing-masing LoveBird Lover’s. Misal :
  • Yang berkantong tebal, mampu-mampu saja membeli pakan/obat-obatan/vitamin yang populer elok dan harga mahal, bahkan yang import sekalipun.
  • Yang berkantong pas-pasan ibarat aku ini, selalu ingin mencoba dan mencoba, dengan prinsip selagi ada yang murah dan cocok buat LB saya kenapa tidak aku coba dan sebisa mungkin meminimalisir penggunaan bahan-bahan kimia.
Tanpa ada niatan dari aku untuk menggurui, hanya sekedar sharing saja dan kebetulan ada member KLI yang meminta untuk di share. Maka saya akan mencoba sharing racikan olahan pakan biji-bijian yang selama ini aku gunakan, saya gunakan semenjak pertama kali aku memelihara LB sekitar awal tahun 2010 dan sampai kini masih saya gunakan. 

Mengingat kondisi hawa di rumah kawasan aku memelihara LB, cuacanya agak lembab, dikelilingi oleh pohon dan bambu dan curah hujan di Bogor yang juga cukup tinggi.

Beberapa orang di Bogor pun sudah mencoba racikan pakan yang aku share kepada mereka, yang mungkin juga sudah mereka modifikasi sendiri, disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Biji-bijian yang akan diracik diubahsuaikan dengan keperluan masing, diproses secara tersendiri, dengan maksud agar fleksibel dalam pencampuran nantinya.
Sebagai tumpuan untuk peracikan 25Kg milet putih, aku biasanya mengunakan materi dan takaran sbb :
  1. 1 Kg Jahe (dicuci bersih)
  2. ¾ Kunyit (dicuci higienis)
  3. ¾ Kencur (dicuci higienis)
  4. 5 Butir Telur Bebek atau Ayam Kampung (Ambil kuningnya saja)
  5. 1 Box Madurasa (Madu Murni lebih baik)
Cara Pengolahan :
  1. Bahan 1,2 dan 3 diparut, kemudian peras airnya dan buang hampas nya.
  2. Cuci bersih milet, lalu tiriskan.
  3. Tambahkan air secukupnya pada materi 1,2 dan 3, kira-kira milet 25Kg terendam semua dan tepat.
  4. Sebelum air perasan Bahan 1,2 dan 3 di tuangkan ke Milet, tambakan dulu kuning telur dan Madu serta aduk hingga merata.
  5. Rendam milet memakai cairan racikan tadi, kemudian tutup wadah rendaman. Waktu pengerjaan sebaiknya mulai direndam sekitar jam 19.00 sampai pagi hari sekitar jam 06.00
  6. Kemudian tiriskan/saring airnya. Kemudian jemur di matahari terik hingga mengering.
  7. Pakan siap digunakan
Hal ini sanggup juga dilakukan pada pakan biji-bijian lainnya, menyerupai Kwaci, Milet Merah, Canary Sheed, dll., dengan porsi bahan racikan diubahsuaikan.

Sekali lagi, tidak ada maksud dari Saya untuk menggurui, hanya sekedar menyebarkan ilmu dan pengalaman yang aku miliki sebagai titipan dari Allah SWT, wajib bagi aku untuk mengembangkan kepada orang lain selama mereka membutuhkan. Dan aku tidak berani meng-klaim bahwa racikan yang aku gunakan ini niscaya cocok juga jika diterapkan pada orang lain. Silahkan dinilai sendiri nantinya, bila kurang monggo ditambahkan.

SEMOGA BERMANFAAT
Salam KLI,

MGS BF

Sumber : Komunitas Lovebird Indonesia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Racikan Pakan Lovebird Juara

0 komentar:

Post a comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!