www.ozankicaumania.com

Saturday, 18 May 2019

Suara Cucak Rotan

Download Suara Burung Cucak Rotan- Burung cucak rotan atau ada yang menyebutnya juga dengan nama cucak merah,cucak emas maupun ada yang menyamakan penyebutannya sebagai cucak rowo papua dengan spesies yang berbeda. Istilah Cucak sering dipakai oleh pecinta burung meskipun sesungguhnya bukan dari keluarga burung cucak-cucakan. Seperti halnya dengan burung yang satu ini. Burung cucak rotan atau cucak rawa papua ini merupakan jenis burung dari keluarga besar Oriolidae dan spesies dari Genus: Pitohui. 

 Burung cucak rotan atau ada yang menyebutnya juga dengan nama cucak merah Suara Cucak Rotan
Berdasarkan catatan Guinness Book of World Record,burung jenis Pitohui ini ialah burung yang paling beracun di dunia. Kandungan racun pada jenis burung ini terdapat pada permukaan kulit dan bulu. Racun yang terkandung dalam burung tersebut termasuk dalam kategori neurotoxin (racun yang menyerang jaringan otak) yang disebut homobatrachotoxin. Untuk sebagian besar burung yang menyentuh racun ini bisa mengakibatkan mati rasa dan kesemutan, bersin, dan tanda-tanda minor lainnya. Efek serius menyerupai kelumpuhan dan selesai hidup akan terjadi jikalau sering terjadi kontak dengan racun ini.

Meskipun beracun dan dianggap kondusif dari perburuan,tapi pada kenyataannya jenis burung ini juga diperdagangkan. Bagi penghobi burung unik dan langka niscaya sudah tahu,dan bagi yang belum tahu,kalian bisa membelinya dengan harga diatas 700 rb. Namun sebelum kalian beli,sebaiknya diperhatikan dulu aslinya burung ini. Biasanya yang sudah bunyi,burung ini sudah di sterilkan oleh pemiliknya,namun untuk cara sterilisasinya aku sendiri kurang tahu apakah kondusif selamanya atau hanya sesaat saja.

Burung beracun jenis pitohui ini terdiri atas enam spesies, yang merupakan burung endemik di Tanah Papua, baik di Provinsi Papua dan Papua Barat (Indonesia) maupun Papua Nugini. Sebagian spesies juga ditemukan di Kepulauan Aru. Berikut ini enam spesies burung pitohui :
  1. Variable pitohui (Pitohui kirhocephalus) 
  2. Hooded pitohui (Pitohui dichrous) 
  3. White-bellied pitohui (Pitohui incertus) 
  4. Crested pitohui (Pitohui cristatus) 
  5. Black pitohui (Pitohui nigrescens) 
Semua jenis pitohui diatas ialah beracun,yang pertama kali diidentifikasi sebagai burung beracun ialah hooded pitohui, diikuti variable pitohui dan rusty pitohui. Memang untuk warna bulunya,jenis burung ini mempunyai warna bulu yang cantik,terlebih lagi untuk Hooded Pitohui. Suara kicaunya juga bagus,disebut cucak rowo papua alasannya ialah kemampuan berkicau burung ini ngropel menyerupai cucak rawa.

Yang banyak beredar atau diperdagangkan di pulau jawa ialah jenis variable pitohui,ada 3 jenis atau sub spesies dari burung variable pitohui yang mempunyai ciri khas masing-masing. Diantaranya adalah:
  1. Northern variable pitohui (P. kirhocephalus)
  2. Southern variable pitohui (P. uropygialis) 
  3. Raja Ampat pitohui (P. cerviniventris).
Dari ketiga jenis variable pitohui tersebut masih terdapat lagi sub spesiesnya menurut warna bulunya.Untuk bunyi kicaunya silahkan download dan dengarkan ketiga audio yang merupakan hasil konversi dari video yang ada di youtube.
Download Suara Cucak Rotan
Download Suara Cucak Rawa Papua 
Download Suara Cucak Rotan v 2
Download Mp3 Suara Burung Cucak Rotan


Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Suara Cucak Rotan

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!