www.ozankicaumania.com

Wednesday, 13 February 2019

Burung Kacer Selalu Prestasi Walau Usia Burung Sudah 6 Th - Kacer Anaconda Orbitan Om Aan Rengat (Padang) Stabil di Jalur Prestasi Sejak 2014

Burung Kacer Selalu Prestasi Walau Usia Burung Sudah 6 Th - Kacer Anaconda Orbitan Om Aan Rengat (Padang) Stabil di Jalur Prestasi Sejak 2014 - Sejak tahun 2014, kacer Anaconda milik Om Aan Rengat (Padang) rajin berprestasi dalam berbagai lomba burung kicauan di Sumatera. Prestasi itu terus dipertahankannya hingga sekarang. Yang terbaru, burung ini meraih juara pertama dalam even Piala Danyonif Raider 142 / KJ yang digelar Ronggolawe Nusantara Jambi.



kacer Anaconda
Kacer Anaconda andalan Om Aan Rengat (Padang).

Kacer Anaconda termasuk jawara lintas-event organizer. Selain Ronggolawe Nusantara, gaco ini juga sering moncer dalam even-even kemasan BnR, Radjawali Indonesia, LKMI, dan sebagainya.
Karena kestabilan prestasinya, banyak pemain yang berniat meminangnya. Sejauh ini, penawaran tertinggi mencapai Rp 70 juta, yang diajukan salah seorang pemain tahun lalu. Tetapi Om Aan Rengat belum sepakat dengan harga tersebut.
Padahal kalau mau dijual, Om Aan yang juga wirausahawan sukses itu memperoleh untung besar. Pasalnya, burung ini dibelinya tahun 2012 hanya seharga Rp 75.000.

Om Aan Rengat
Om Aan Rengat (kiri) saat menyaksikan gaconya berlaga.

“Saya mendapatkannya saat masih bahan. Saya membelinya pada salah satu kios burung di Padang, bahkan saya pilih langsung dari kandang ombyokan,” tutur Om Aan kepada omkicau.com.
Bakatnya sudah terlihat saat pertama kali dilihatnya. Mentalnya kuat, vokalnya pun sudah mulai terbentuk. Setelah dirawat intensif, burung ini mulai unjuk prestasi, terutama sejak tahun 2014 hingga sekarang.

kacer jawara
Sebagian trofi kemenangan kacer Anaconda.

Tips perawatan kacer Anaconda

Om Aan mempercayakan sepenuhnya perawatan kacer Anaconda kepada Om Maulana. Tak ada perbedaan signifikan antara perawatan harian dan setelan jelang lomba, seperti disarikan dalam poin-poin berikut ini:


perawatan kacer
Om Maulana (kiri), mekanik andal Anaconda.

  • Setiap hari, burung dijemur selama 3 jam (pukul 07.00 – 10.00).
  • Pakan harian terdiri atas jangkrik (10 / 10) dan kroto (1 sendok teh).
  • Air minum wajib diganti setiap hari.
  • Jadwal mandi hari Senin hingga Kamis (sore). Burung mandi dalam karamba.
  • Malam hari, burung dikerodong penuh.

cara merawat burung kacer
Tips perawatan kacer Anaconda.

  • Pemasteran menggunakan burung hidup, terdiri atas konin, siri-siri, mantenan, serindit, parkit, cucak jenggot jawa, tengkek, dan perling.
  • Mulai Kamis (H-3) hingga Minggu (Hari-H), burung diberi sari sarang walet agar staminya joss saat dilombakan.
  • Sekitar 4 sesi sebelum naik gantang, burung dimandikan di lapangan, lalu diberikan jangkrik 4 ekor dan ulat bambu 2 ekor.
kacer Anaconda
Sebenarnya Om Aan tak berkeberatan jika ada kicaumania yang berminat meminang kacer Anaconda. “Tapi maharnya harus lebih dari 70 juta,” tandas Om Aan Rengat. (neolithikum)

omkicau.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!