www.ozankicaumania.com

Wednesday, 6 February 2019

Burung Branjangan - Perawatan Burung Branjangan Ala Om Yogi Kicau Mania

Burung Branjangan - Perawatan Burung Branjangan Ala Om Yogi Kicau Mania - Om Yogi Prayogi layak disebut salah seorang tokoh burung branjangandi Indonesia, baik dalam konteks penangkaran, burung rumahan, maupun burung lomba. Kepeduliannya terhadap penangkaran branjangan tak perlu lagi diragukan. Saat menjadi ketua umum Kicau Mania (KM), Om Yogi atau kerap disapa Om CJ pun termasuk pendorong dibukanya kelas branjangan (biasanya digratiskan) dalam berbagai even besar. Kebijakan ini dilanjutkan penerusnya, Om Goes KM. Kepiawaiannya dalam mengorbitkan branjangan juara juga sudah terbukti di lapangan. Kali ini Om Kicau akan mengupas perawatan burung branjangan ala Om Yogi KM. Silakan menikmati.
Burung Branjangan - Perawatan Burung Branjangan Ala Om Yogi Kicau Mania

Karena jasa Om Yogi, juga pegiat KM lainnya, kini kelas branjangan kembali ramai, khususnya di kawasan Jabodetabek. Dampaknya menjalar ke berbagai daerah lain di Indonesia, termasuk di pasar burung – pasar burung, dan berbagai even lomba.

Makin banyak kicaumania yang ingin atau sudah memelihara branjangan: burung yang memiliki kicauan bervariasi, volume keras, dan gaya hooveringyang khas.

Di pasaran beredar beberapa jenis branjangan berdasarkan habitatnya, terutama branjangan dari Jawa dan NTB. Umumnya yang dijual di pasar burung saat ini adalah branjangan dari NTB, dengan harga relatif lebih murah daripada branjangan jawa.

Namun, apapun jenisnya, tidak perlu dipersoalkan. Karena tidak ada perbedaan signifikan antara kualitas branjangan dari Jawa dan NTB. Om Kicau bahkan menduga kalau semua ini hanyalah settinganpedagang untuk meningkatkan keuntungan. Bukan tidak mungkin, branjangan dari NTB diklaim sebagai branjangan jawa agar keuntungan bertambah.

ke, kita fokus ke perawatannya. Sebab, hanya dengan perawatan tepat dan konsisten, maka branjangan akan memiliki performa gaya dan suara yang ideal.

Selama ini terdapat persepsi keliru bahwa memelihara burung branjangan memerlukan waktu yang sangat lama agar mau berbunyi, terutama burung-burung bahan. Anggapan ini tidak benar, sebab untuk membuat branjangan cepat bunyi, meski masih bahan, sangat tergantung dari jenis kelamin (jantan), perawatan, dan pemberian pakansecara tepat.

Untuk membahas masalah ini, mari kita simak beberapa pola perawatan burung branjangan seperti yang pernah diulas Om Yogi KMdalam Forum Kicaumania.

Beberapa faktor yang menentukan branjangan lebih cepat bunyi antara lain:

1.  Pemberian pakan utama sehari-hari.
2.  Pemberian extra fooding(EF) atau pakan tambahan.
3.  Aktivitas mandi secara teratur.
4.  Pola penjemuran yang teratur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Branjangan - Perawatan Burung Branjangan Ala Om Yogi Kicau Mania

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!