www.ozankicaumania.com

Tuesday, 5 February 2019

Burung Branjangan - Beberapa Faktor Penentu Burung Branjangan Mau Bunyi

Burung Branjangan - Beberapa Faktor Penentu Burung Branjangan Mau Bunyi - Kalau ditanya burung apa yang paling susah bunyi, sebagian besar kicaumania akan menjawab anis merahdan branjangan. Kedua jenis burung ini sering membuat kita “trauma” dalam merawatnya, sehingga muncul keinginan untuk tidak memeliharanya karena merasa lama sekali berbunyi. Sebenarnya beberapa faktor, atau bisa disebut faktor X, yang menentukan apakah burung akan bersuara atau akan tetap ngeriwik atau malah diam saja, Untuk perawatan anis agar cepat bunyi bisa dibuka kembali artikelnya di sini. Artikel kali ini hanya fokus ke branjangan.
Burung Branjangan - Beberapa Faktor Penentu Burung Branjangan Mau Bunyi

Branjangan bisa dibilang memiliki karakter yang hampir sama dengan burung anis merah. Ia akan cepat bunyi jika waktu dan kondisinya tepat. Bunyi dan tidaknya branjangan sangat ditentukan oleh lokasi penggantangan, pakanyang diberikan, serta faktor lain yang bersifat menghilangkan stres pada burung ini.

Memelihara branjangan memang membutuhkan kesabaran tersendiri, apalagi jika Anda membeli burung saat masih bakalan atau hasil tangkapan hutan. Sebab, secara umum, untuk membuat branjangan ngeplong / gacordiperlukan waktu yang sama dengan dua kali masa mabung atau berumur di atas 1,5 tahun. Itupun tergantung kondisi mental dari burung itu sendiri. Dalam perawatannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar branjangan cepat berbunyi, antara lain :


  • Pastikan burung yang dimaksud adalah branjangan, bukan burung apung atau pipit apung. Sebab di pasaran saat ini terdapat burung yang sangat mirip, sehingga sering disebut penjualnya sebagai branjangan. Untuk lebih jelasnya, silhkan buka informasinya di sini. 
  • Pastikan juga jenis kelamin branjangan adalah jantan, meski branjangan betina juga bisa gacordan lagunya bervariasi seperti burung jantan. 
  • Lakukan beberapa pemindahan lokasi gantungan sangkar, sebab dari sinilah Anda akan mengetahui lokasi yang tepat yang membuat burung langsung berbunyi. 
  • Sering menempelnya dengan jenis burung lain yang berukuran kecil, namun suaranya ramai. Misalnya pleci, blackthroat, dan sejenisnya. Hal ini akan membuat branjangan cepat terpancing untuk bunyi. Keberadaan burung kecil sekaligus berguna sebagai masteran bagi branjangan Anda. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Branjangan - Beberapa Faktor Penentu Burung Branjangan Mau Bunyi

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!