Sunday, 3 February 2019

Perawatan Burung Pleci - Macam-Macam Buah Untuk Burung Pleci dan Kandunganya

Perawatan Burung Pleci - Macam-Macam Buah Untuk Burung Pleci dan Kandunganya - beberapa jenis buah-buahan yang bermanfaat bagi burungpleci:1. Buah pisangPisang merupakan jenis buah yang paling umum diberikan kepada pleci maupun burung pemakan  buah lainnya. Pisang memiliki kandungan karbohirat dua kali lebih banyak daripada apel. Adapun kandungan vitamin A lima kali lebih banyak daripada apel.
Perawatan Burung Pleci - Macam-Macam Buah Untuk Burung Pleci dan Kandunganya

Pleci dan buah  pisangPisang bersifat mengenyangkan dan memberikan tambahan energi. Namun karena kandungan karbohidratnya tinggi, maka pemberian pisang harus diatur agar tidakberlebihan. Sebab jika diberikan rutin setiap hari, burung cenderung cepatgemukdan malas-malasan.2. Buah apelPleci sedang memakan buah apelSebagaimana pisang, apel termasuk jenis buah yang umum diberikan kepada burung pleci.

Buah ini memiliki beberapa manfaat sebagai  berikut:*.Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Hasil penelitian terbaru menyebutkan, quercetin bisa meningkatkan kekebalan tubuh terutama pada burung yang sedang stres.*.Buah apel bisa mencegah dehidrasi yang disebabkan berbagai hal seperti  penjemuran yang berlebihan, suhu panas, dan sebagainya.

Pada beberapa jenis burung, buah apel dipercaya bisa meningkatkan birahi. Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap  pleci. Untuk meningkatkan birahi pleci, Anda bisa memberikan parutan buah apel yang dicampur kroto.3. Buah pepayaPepaya mempunyai banyak manfaat bagi burung, termasuk sebagai terapi bagi pleci yang sedang over birahi.
Perawatan Burung Pleci - Macam-Macam Buah Untuk Burung Pleci dan Kandunganya

Pepaya juga mengandung antioksidan lebih  banyak daripada apel.Selain itu, pepaya juga banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, flavanoid, folat, asam panthotenic, dan serta beberapa jenismineral seperti magnesium dan kalium.Burung pleci yang mengalamigangguan pencernaan bisa diterapi dengan memberikanpepaya setiap hari. Pepaya juga bisa membantu burung yang mengalami dehidrasi akibat penjemuran berlebihan atau ketika cuaca sedang panas.4. Buah  jerukJeruk paling cocok diberikan kepada pleci, karena memiliki manfaat yang sama seperti halnya nektar. Buah jeruk memiliki manfaat mendinginkan, sehingga banyak diberikan kepada pleci terutama pada saat cuaca sedang panas.

Pleci makan jerukJeruk juga mempunyai efek detoksifikasi yang bisa menetralisir racun dalam tubuh burung, serta bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan. Asam sitrus yang terkandung dalambuah jeruk bisa membantu mengeluarkan racun dan menstimulasi saluran pencernaan. Bahkan kulit daribuah  jeruk bisa digunakan sebagai terapi bagi burung yang susah mabung.5. Buah lengkeng / kelengkengPleci sangat menyukai buah yang rasanya manis seperti lengkeng.Buah lengkengmemberikan banyak manfaat bagi burung pleci, misalnya sebagai penenang bagi  pleci yang sedang stres atau ngedrop, membantu memulihkan energinta saat mabung, dan membantu pencernaan burung.

Wolfberry / goji berryBuah impor yang bisa didapatkan di supermarket ini sangat disukai pleci karenarasanya manis.Wolfberryatau goji berry dipercaya  bisamerangsang burung pleci miliknya untuk lebih rajin berbunyi dan buka paruh. Manfaat lain dari buah ini adalah memberikan energi tambahan sehingga burung lebih aktif.Buah wolfberry banyak dimanfaatkan sebagai pakan tambahan bagi pleci7.

Ketimun dan gambas Sayuran seperti ketimun dan gambas bisa diberikan ketika burung pleci sedang mabung,karena membantu pertumbuhanbulubaru yang sehat dan kuat.6. Tomat dan wortelTomat dan wortel jika rutin dikonsumsi oleh pleci bisa membuat penampilanbulu- bulunya lebih cemerlang dengan warna-warnabuluyang lebih cerah dan berkilauan.

Tomat dan wortel baik untuk pleciTomat dan wortel juga bisa diberikan sebagai terapi ketika rung pleci memiliki penampilan bulu dengan warna kusam atau seperti meluntur.Itulah beberapa jenis  buahan dan sayuran yang bermanfaatbagi burung pleci Anda di rumah. Tentu saja asupanpakanyang lain seperti voer, pakan tambahan (extra fooding) seperti serangga dan vitamin juga tak boleh diabaikan.Semoga bermanfaat.Salam sukses.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner