Wednesday, 6 February 2019

Burung Branjangan - Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Burung Branjangan Mau Berbunyi

Burung Branjangan - Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Burung Branjangan Mau Berbunyi - Banyak kicaumania yang memberikan makanan kering (voer) untuk branjangan. Hal ini memang bagus jika ingin menjinakkan burung, sekaligus membuat tubuhnya lebih berisi. Tetapi akan lebih baik lagi jika burung juga tetap diberi pakan bijian, sesuai dengan karakter dan sifat mereka sebagai burung pemakan biji-bijian. Anda bisa menggunakan biji-bijian yang biasa diberikan untuk kenari.

Burung Branjangan - Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Burung Branjangan Mau Berbunyi

Adapun extra fooding(EF) sehari-hari bisa menggunakan kroto yang diberikan setiap pagi, dengan tambahan ulat hongkong sebanyak 3 ekor pada pagi dan sore harinya. Setelah burung mulai konsisten berbunyi, pemberian kroto dan ulat hongkong bisa dikurangi secara bertahap. Untuk mempercepat proses bunyi kencang atau ngeplong, burung yang tadinya cuma ngeriwik atau tidak berbunyi sama sekali, kroto terlebih bisa ditaburi TestoBirdBooster(TBB) setiap pagi hari, selama 3 hari berturut-turut. Silakan dipantai selama seminggu. Dari berbagai laporan yang masuk, antara lain Om Edi iswanto, burung yang semula ngeriwik langsung gacordalam waktu 2 hari.

Tetapi, kerena setiap spesies burung terdiri atas jutaan individu burung, tentu kecepatan hasilnya sangat ditentukan oleh kondisi yang dialami masing-masing burung. Jika sampai seminggu tetap tidak juga berbunyi, silakan diulangi pada minggu berikutnya, selama 3 hari berturut=turut. Pantau kembali selama seminggu. Insya Allah sudah ada perubahan.

Nah, jika burung sudah rajin bunyi, pemberian TBBuntuk selanjutnya cukup sekali dalam satu minggu. Hal ini untuk mempertahankan kadar testosteron dalam darah agar selalu stabil, karena berdasarkan penelitian, kadar testosteron burung di alam liar bersifat fluktuatif, dan baru mencapai puncaknya pada saat musim berkembang biak.

Pakan utama branjangan di alam liar antara lain belalang hijau kecil. Belalang hijau yang berukuran kecil ini mengandung banyak vitamin E dan beberapa jenis asam amino yang berguna untuk burung. sSelain memberikan efek antistres, belalang hijau juga bisa diberikan pada burung pemakan serangga lainnya.

Karakter branjangan seperti mengikuti pepatah “tua-tua keladi, makin tua makin menjadi”. Seiring pertambahan umur, branjangan makin tua makin gacor. Namun semua itu tentu harus didukung dengan perawatan yang konsisten, terutama pemberian pakan yang sesuai. Ada satu nasihat Om Kicau yang sangat-sangat klise, tetapi perlu dan harus disampaikan, yaitu kesabaran dalam merawat burung kicauan merupakan hal paling utama di antara semua tips perawatan lainnya. Kalau tidak sabar, bisa jadi burung tidak akan berada lama di tangan Anda, entah dijual atau dibarter dengan burung lain.

Semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner