IBX5A4F6EC5C6AFD Burung Branjangan Srikayangan yang Melegendaris Bagi Para Penghobi Branjangan Mania

Ozankicaumania 50 Jenis Burung Kicau - Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Branjangan Srikayangan yang Melegendaris Bagi Para Penghobi Branjangan Mania

Burung Branjangan Srikayangan yang Melegendaris Bagi Para Penghobi Branjangan Mania - Burung Branjangan - istilah Burung Branjangan Srikayangan dipakai untuk menamai Burung Branjangan dengan ciri fisik tertrntu seperti bodi besar, batikan kuning dan habitatnya berasal dari wilayah desa Srikayangan. Istilah ini tidak berlaku jika Burung Branjangan yang diperoleh tidak memiliki ciri-ciri seperti Burung Branjangan wilayah pada umumnya yaitu berpostur besar dengan batikan kuning meskipun dibeli maupun diperoleh dari desa Srikayangan. Jika Burung Branjangan berasal dari luar desa Burung Branjangan meskipun berpostur besar dan bernuasna kuning maka orang biasanya akan cukuo menyebutkan dengan istilah Burung Branjangan Wates.
Burung Branjangan Srikayangan yang Melegendaris Bagi Para Penghobi Branjangan Mania

Sebetulnya istilah bodi besar, kecil, sedang, jumbo dan sebagainya muncul setelah makan banyaknya pasokan Burung Branjangan dari luar daerah yang dijual di pasar pasar burung wilayah Wates dan Yogyakarta pada umumnya sehingga istilah tersebut dipakai untuk membedakan Burung Branjangan yang asli Wates maupun Srikayangan dan dari luar daerah tersebut.

"Ciri khas utama yang membedakan Burung Branjangan Srikayangan adalah corak batikan yang dimilikinya, sehingga terkesan kuning istilah wiring kuning'

Jika dibanding dengan Burung Branjangan asal NTB misalnya, atau Burung Branjangan yang berasal dari kawasan sepanjang jalur Daendels Purworejo maka ukuran Burung Branjangan Srikayangan maupun Wates memang relatif lebih besar, Selain bentuk dan posturnya, Burung Branjangan Srikayangan dan Wates pada umumnya juga bisa dikenal dari warna dan nuansa batikan yang cenderung kuning.

Dorongan ekonomi dan perintaan pasar tak bisa dielakkan terhadap Burung Branjangan Srikayangan membuat para pemikat dan pengepul mencari akal agar pasokan terhadap piyek trotolan maupun muda hutan bisa terjaga. Salah satunya adalah dengan mendatangkan Burung Branjangan baik muda hutan maupun piyik trotol daro luar daerah termasuk luar Jawa.

Tiada rotan, akarpun jadi. Berhubung secara fisik Burung Branjangan dari luar Srikayangan dan Kulonprogo berbeda maka biasanya mereka mengatakan bahwa Burung Branjangan Srikayangan yang sekarang ciri-cirinya seperti Burung Branjangan yang stoknya tersedia saat ini. Fenomena inilah yang kemudian dijadikan pemahaman bahwa Burung Branjangan Srikayangan sekarang berbeda tampilannya dibanding dengan Srikayangan tempo doeloe.
Burung Branjangan Srikayangan yang Melegendaris Bagi Para Penghobi Branjangan Mania

Sesungguhnya Burung Branjangan Srikayangan tidak pernah berubah jati diri dan penampakannya, baik dulu maupun sekarang, masih berpostur besar dan bernuansa kuning, masih menjadi incaran pendemen, sekarang langka dan misterius, masih menjadi target utama Burung Branjangan ania, dan masih memiliki pesona dan meamncarkan aurah trah leluhur Burung Branjangan di tanah Jawa.

Sebagai sebuah ciri masyarakat yang masih didominasi oleh masyarakat dengan pemikiran agresir, pembicaraan tentang Burung Branjangan Srikayanganpun Juga tak luput dari mitos, tutur, serta legenda yang akan selalu diceritakan sepanjang masa. Diceritakan saat menikmati secangkir kopi serta sebatang rokok dengan embel-embel konon katanya, maupun sebagai fakta yang berbukti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Branjangan Srikayangan yang Melegendaris Bagi Para Penghobi Branjangan Mania

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!