IBX5A4F6EC5C6AFD Burung Branjangan - Mengenal Lebih Dekat Burung Branjangan yang Menjadi Lagu yang Wajib Unruk Burung Lomba

Ozankicaumania 50 Jenis Burung Kicau - Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Branjangan - Mengenal Lebih Dekat Burung Branjangan yang Menjadi Lagu yang Wajib Unruk Burung Lomba

Burung Branjangan - Mengenal Lebih Dekat Burung Branjangan yang Menjadi Lagu yang Wajib Unruk Burung Lomba - Burung Branjangan (Miradra javanica) merupakan salah satu burung kicau yang pandai menirukan suara burung lain, meskipun sesungguhnya suara alasan (lagu asal burung itu di alam) hanya terdiri dari tiga potong lagu utama, yakni "tit" "cek" atau "cik" dan "tir.
Burung Branjangan - Mengenal Lebih Dekat Burung Branjangan yang Menjadi Lagu yang Wajib Unruk Burung Lomba

Keistimewaan Burung Branjangan yang tidak dimiliki burung lain adalah kemampuannya berkicau sembari hovering (terbang di tempat). Di alam bebas, burung ini suka terbang secara memanjat (terus membuang ke atas) sembari berkicau sampai tidak terlihat, dan tiba-tiba sudah meluncur sampai tanah.

Di alam bebas, Burung Branjangan sering bernyanyi di atas kabel trlrpon atau batu atau pucuk pohon yang tinggi dan sesekali akan berkicau dengan pola seperti helikopter (hovering) untuk menunjukan daerah kekuasaan atau untuk menarik betinanya. Burung Branjangan  merupakan burung persawahan/ladang yang suka hidup di area terbuka berupmut atau semak-semak yang tidak terlalu rimbun. Bahulu tidak banyak orang yang tahu bahwa burung kecil dengan bulu kusam ini mempunyai sura yang indah dan pandai menirukan suara burung lain akan membuat suara kicaunya menjadi beragam, suara burung Prenjak. Ciblek, dan burung Gereja akan mudah diadopsi suaranya oleh Burung Branjangan .

Perawatan Burung Branjangan  yang relatif mudah membuat burung ini semakin diburu, Beberapa pelomba burung bahkan menjadikan burung ini menjadi burung "wajib" untuk master burung lombanya. Karakter suara Burung Branjangan  yang miji-miji akan memudahkan burung maskot mengadopsi suara Burung Branjangan. Burung Branjangan  yang sudah dapat memaster burung prenjak, ciblek, greja tarung, cucak jenggot, lovebird dan burung lain dan bermental baik akan memiliki harga yang lumayan fantastis. Dengan hanya memiliki satu ekor burung maka cukup untuk memiliki beracam-macam suara burung lain.
Burung Branjangan - Mengenal Lebih Dekat Burung Branjangan yang Menjadi Lagu yang Wajib Unruk Burung Lomba

Burung Branjangan  sebenarnya merupakan species asli dari Pulau Jawa, namun penyebarannya hingga luar jawa yaitu Sumatra dan Kalimantan dan populasi nya di dua pualu ini tidak begitu banyak seperti di pulau jawa. Bentuk ukuran tubuh Burung Branjangan tidak terlalu besar dan burung ini mempunyai suara yang bagus serta volume suara yang keras dengan varisiasi lagu yang lengkap, sehingga tidak heran banyak penggemar Burung Branjangan  ini di indonesia, ciri khasnya Burung Branjangan ini adalah jika berkicau selalu mengepakkan sayapnya dan sesekali terbang naik dan turun.

Hidupnya di padang sawah terbuka, burung ini pemakan biji-bijian dan serangga, sarang busanya dibuat dari rerumputan dan jerami padi yang diletakkan diatas tanah. Burung ini sangat menyukai udara yang panas, karena memang habitat aslunya berupa sawah yang selesai di panen atau rerumputan yang pendek. Burung Branjangan memiliki panjang tubuh sekitar 15cm dan warna bulu kecoklatan mirip dengan warna burung gereja padaumumnya dan burung ini yang jantan biasanya mempunyai jambul diatas kepalanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Branjangan - Mengenal Lebih Dekat Burung Branjangan yang Menjadi Lagu yang Wajib Unruk Burung Lomba

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!