IBX5A4F6EC5C6AFD Burung Branjangan Legendaris - Burung Branjangan yang Berasal dari Yogyakarta

Ozankicaumania 50 Jenis Burung Kicau - Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Branjangan Legendaris - Burung Branjangan yang Berasal dari Yogyakarta

Burung Branjangan Legendaris - Burung Branjangan yang Berasal dari Yogyakarta - Desa Srikayangan sangat terkenal di kalangan pandemen Burung Branjangan karena Burung Branjangan yang berasal dari kawasan ini dianggap memiliki keunggulan dibanding Burung Branjangan yang dari daerah lain. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Burung Branjangan Srikayangan yang paling utama adalah dari sisi penampilan. Seperti yang paling utama adalah dari sisi penampilan. Seperti halnya Burung Branjangan yang dari wilayah Sentolo maupun Kulon Progo pada umumnya ( yang kemudian sering dikenal dengan istilah Burung Branjangan Wates), ciri khas utama yang membedakan Burung Branjangan Srikayangan adalah pada nuansa dan corak batiknya yang terkesan kuning bersih sehingga sering disebut dengan istilah Burung Branjangan wiring kuning.
Burung Branjangan Legendaris - Burung Branjangan yang Berasal dari Yogyakarta

Srikayangan sendiri adalah nama sebuah desaa di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah jalan raya jogja menuju ke Wates, setelah melewati jembatan Kali Progo kita akan menemukan pertigaan Kenteng (ada Tugu Pensil). dari pertigaan ini kita belok kiri mengambil arah Brisit dan setelah kira-kira 1,5 km akan ditemukan Pasan Nganggrung.

Skitar 250 meter dari pasar kearah selatan, setelah pertigaan Bojong belok ke kiri kita akan menemui jalan utama Desa Srikayangan. Kondisi geografis pedesaan di sana berbukit bukit dan banyak dijumpau tanaman jati (Tectona grandis).
Burung Branjangan Legendaris - Burung Branjangan yang Berasal dari Yogyakarta

Antara bukit yang satu ke bukit yang lain bisanya terdapat areal sawah dan tenga;an yang merupakan habitat utama Burung Branjangan Srikayangan. Pada sisi barat daya desa Seikayangan terdapat hamparan sawah yang sangat luas yang sering disebut dengan nama Bulak Srikayangan. Bulak dalam bahasa Jawa Artinya hamparan sawah yang sangat luas dan terbuka, tidak terhalang oelh bukit, bangunan, maupun pepohonan. Konon pada tahun 1980-an terdapat ratusan ekor Burung Branjangan yang beberapa ekor diantaranya setia berkicau selepas tengah hari sapai senja menemani para petani yang memanen padi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Branjangan Legendaris - Burung Branjangan yang Berasal dari Yogyakarta

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!