IBX5A4F6EC5C6AFD Burung Branjangan - Kenali Karakter Burung Branjangan Dari Ciri-Cirinya Sebelum Membawa Ke-Gantangan

Ozankicaumania 50 Jenis Burung Kicau - Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Branjangan - Kenali Karakter Burung Branjangan Dari Ciri-Cirinya Sebelum Membawa Ke-Gantangan

Burung Branjangan - Kenali Karakter Burung Branjangan Dari Ciri-Cirinya Sebelum Membawa Ke-Gantangan - Karakteristik Burung Branjangan, Sekarang ini Branjangan yang asalnya dari tanah Jawa yang punya banyak keunggulan sudah sulit ditemukan di pasaran. Tapi sekarang ini branjangan yang terdapat di pasar banyak berasal dari daerah Nusa Tenggara atau dari Sumatra. Para pecinta burung di Indonesia, branjangan yang populer yaitu yang asalnya dari Pulau Jawa, terutama dari Jawa Tengah dan di daerah Jogja terutama di daerah Wates. Burung yang asalnya dari kawasan ini punya ciri-ciri yang disukai penggemar branjangan. Yaitu mempunyai mental yang baik, body besar dan juga volume suara yang keras dan juga variasi. Kemudian juga punya suara yang beragam, warna yang menarik dengan corak batik, kemerahan ataupun kekuningan. Di Pulau Jawa, branjangan terbagi pada beberapa daerah penyebaran, antara lain di Jawa Tengah, Jawa Timur serta Jawa Barat.
Burung Branjangan - Kenali Karakter Burung Branjangan Dari Ciri-Cirinya Sebelum Membawa Ke-Gantangan

Di wilayah Jawa Barat maka yang jadi maskot untuk penggila Branjangan yaitu yang asalnya dari daerah Sapan. Karena jenis burung ini populer dengan kicauannya yang terdengar sangat nyaring melengking dan juga kristal. Karakteristik burung branjangan ini juga punya jambul.

Branjangan yang asalnya Sapan bila dilihat dari fisiknya tidak terlalu besar hanya seukuran 12 sampai 13 cm. Berbeda bila dibandingkan dengan branjangan dari daerah Jawa Tengah yang bisa mencapai ukuran tubuh 12 sampai dengan 14 cm hampir seukuran dengan burung gelatik.
Burung Branjangan - Kenali Karakter Burung Branjangan Dari Ciri-Cirinya Sebelum Membawa Ke-Gantangan

Motif batik burung yang asalnya dari daerah ini motifnya terlihat lebih gelap dengan corak batik yang warnanya hitam sedikit sama dengan branjangan yang asalnya dari daerah NTB serta Sumbawa.

Sedangkan untuk burung ini yang asalnya dari Wates membawa daya tarik tinggi sebab ciri fisik yang lebih besar serta punya warna dan motif batik yang terlihat menarik.

Nah, karakteristik burung branjangan yang asalanya dari Nusa Tenggara untuk corak warna bulunya yang lebih terlihat gelap. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari jenis burung branjangan dari daerah lain, ukuran 10 sampai 12 cm.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Branjangan - Kenali Karakter Burung Branjangan Dari Ciri-Cirinya Sebelum Membawa Ke-Gantangan

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!