IBX5A4F6EC5C6AFD Burung Branjangan - Banyak Jenis Burung Branjangan Tetapi Hanya dari Jawa yang Menjadi Vavorit Para Kicaumania

Ozankicaumania 50 Jenis Burung Kicau - Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Branjangan - Banyak Jenis Burung Branjangan Tetapi Hanya dari Jawa yang Menjadi Vavorit Para Kicaumania

Burung Branjangan - Banyak Jenis Burung Branjangan Tetapi Hanya dari Jawa yang Menjadi Vavorit Para Kicaumania - Saat ini Burung Branjangan yang kita temui di pasaran sedikit sekali yang berasal dari tanah Jawa, yang terkenal dengan Burung Branjangan yang baik. Namun saat ini Burung Branjangan yang ada di pasar banyak berasal dari daerah Nusa Tenggara maupun Sumatra. Di kalangan penghobi burung Indonesia. Burung Branjangan yang pupuler adalah yang berasal dari pulau Jawa, khususnya Jawa Tenggah (Petanahan dan Kali Ori) dan Jogja (daerah Wates). Burung Branjangan dari kawasan ini memiliki ciri yang disukai penggemar Burung Branjangan. Antara lain adalah mental yang baik, bodo yang besar dan volume suara yang keras dan variasi suara yang beragam , serta corak batik atau warna yang menarik, kenerahan atau kekuningan.
Burung Branjangan - Banyak Jenis Burung Branjangan Tetapi Hanya dari Jawa yang Menjadi Vavorit Para Kicaumania

Di Pulau Jawa, Burung Branjangan dibagi dalam beberapa daerah penyebaran, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Untuk eilayah Jawa Barat maka yang menjadi maskot bagi penggila Burung Branjangan adalah yang berasal dari daerah Sapan. Burung Branjangan dari daerah Sapan terkenal dengan suaranya yang nyaring melengking dan kristal, jambil juga menjadi ciri khas burung ini (Jambul Paten).

Burung Branjangan dari daerah Sapan jika dilihat dari fisiknya tidak terlihat besar hanya seukuran 12-13 cm. berbeda jika dibandingkan dengan Burung Branjangan dari daerah Jawa Tenggah yang dapat mencapai ukuran tubuh 12-14 cm. Pola batik burung dari daerah yang berwarna hitam hampir serupa dengan Burung Branjangan yang berasal dari daerah NTB dan Sumbawa.
Burung Branjangan - Banyak Jenis Burung Branjangan Tetapi Hanya dari Jawa yang Menjadi Vavorit Para Kicaumania

Sementara itu Burung Branjangan dari Sri Kayangan, Kulonprogo (Wates) berdaya tarik warna dan pola batik yang lebih menarik. Sedangkan Burung Branjangan dari Nusa Tenggara mempunyai corak warna bulu yang lebih pekat. Ukuran tubuhnya juga tidak sebesar jenis Burung Branjangan dari daerah lain, hanya berkisaran 10-12 cm.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Branjangan - Banyak Jenis Burung Branjangan Tetapi Hanya dari Jawa yang Menjadi Vavorit Para Kicaumania

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!