Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Cara Menangani Burung Cucak Hijau yang Over Birahi

Cucak Ijo Over Birahi – Menangani cucak ijo yang sedang over birahi memang susah susah gampang, atau gampang gampang susah hehehe. Lamanya waktu untuk mengatasi cucak ijo over birahi berbeda-beda, bisa diakibatkan setelan harian cucak ijo, bisa juga dipengaruhi rawatan over birahi cucak ijo, dan tergantung karakter cucak ijo itu sendiri. Untuk karakter cucak ijo sendiri tidak bisa dirubah, oleh karena itu untuk mengatasi cucak ijo over birahi maka kita perlu melakukan sedikit setelan harian dan perawatannya.
Cara Menangani Burung Cucak Hijau yang Over Birahi
Sebelum itu kita bahas sedikit apa itu over birahi agar solusi yang diterapkan tepat sasaran. Over birahi pada cucak ijo terjadi ketika tingkat birahi (pengen kawin) pada burung ini sudah melebihi batas wajarnya, simpelnya sudah terlalu ngebet kawin hahaha. Kondisi ini mengakibatkan burung menjadi terlalu agresif dan enggan berkicau. Biasanya prilaku yang ditunjukkan yaitu sering ngeruji (seperti ingin keluar mengejar musuhnya), naik turun tangkringan, jarang berbunyi ngeplong (hanya cuiitt cuuiitt). Jika cucak ijo sedang OB (over birahi) tentu percuma jika cucak ijo dibawa untuk berlomba, karena disana bukanya berkicau tetapi malah sibuk ngeruji dan agresif seperti ingin mengejar musuhnya. Dari yang paling mengesalkan kita saat over birahi adalah saat cucak ijo over birahi ketika lomba. Hal ini serng terjadi ketika pada kicau mania akan ikut lomba padahal di rumah baik-baik saja tetapi setelah dibawa kelapang eh malah over birahi hehe, mungkin karena melihat cucak ijo lainnya jadi dikira ada cucak ijo betinanya hehehe.
Cara Menangani Burung Cucak Hijau yang Over Birahi
Mengatasi Cucak Ijo Over Birahi - Untuk mengatasi cucak ijo yang sedang over birahi ada beberapa tips yang bisa dilakukan, berikut ini tips untuk mengatasi cucak ijo over birahi. Stop EF & jemur Salah satu penyebab cucak ijo over birahi adalah karena kelebihan protein dalam tubuhnya, dan EF (ekstra food) memiliki banyak kandungan protein. Setelan harian cucak ijo yang tidak seimbang atau terlalu banyak memberikan EF bisa jadi membuat cucak ijo over birahi. Oleh karenanya saat cucak ijo over birahi sementara stop pemberian EF-nya sampai birahinya kembali stabil. Selain stop sementara pemberian EF kita juga kurangi jemurnya atau stop jemurnya. Menjemur bisa mengakibatkan birahi naik kembali. Sering dimandikan

Durasi mandi ditingkatkan perharinya, air yang dingin dan menyegarkan sangat berguna untuk menghilangkan birahi yang bergejolak dalam tubuh cucak ijo. Ibarat sedang panas didalam disiram dengan air segar jadi adem hehehe. Mandikan sampai basah kuyub dan sering. Misal pagi, siang, sore, bahkan mandi malam. Olahraga di kandang umbaran Banyak melakukan gerakan fisik bisa menguras tenaga yang berlebih pada cucak ijo dan menurunkan tingkat birahinya. Selain itu mengumbar cucak ijo di kandang umbaran bisa membuat fisik dan mental cucak ijo semakin kuat, nafas panjang yang bisa membuat cucak ijo berkicau semakin lama dan panjang tanpa putus. Jika teman kicau punya cucak ijo betina yang siap kawin + kandang besar bisa dikawinkan tuh cucak ijonya. Keadaan over birahi pada dasarnya sangat alamiah, karena cucak ijo yang hidup di dalam kandang tidak pernah atau jarang sekali kawin, jadi gejolaknya semakin tinggi padahal kawin salah satu kebutuhan biologisnya. Nah jika mempunyai cucak ijo betina, kandang besar bisa tuh cucak ijonya dikawinkan dan sekaligus dibudidayakan hehehe. Setelah cucak ijo kawin biasanya sudah tidak over birahi lagi dan bisa tenang dalam berkicau. Nah diatas adalah beberapa tips mengatasi cucak ijo yang sedang over birahi, silahkan dipilih bagian mana yang cocok dan bisa diterapkan untuk cucak ijo masing-masing. Oh iya bisa dibaca nih ciri-ciri cucak ijo trotolan jantan atau betina : trotolan cucak ijo jantan dan betina

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menangani Burung Cucak Hijau yang Over Birahi

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!