Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Ciri-ciri Burung Cucak Hijau Dan Cara Membedakan Burung Cucak Hijau Jantan Dan Betin - Penangkaran Burung Cucak Hijau

Burung Cucak Hijau : Ciri-ciri Burung Cucak Hijau Dan Cara Membedakan Burung Cucak Hijau Jantan Dan Betina - Burung Cucak Hijau umumnya berukuran sedang, dengan panjang tubuh Burung Cucak Hijau total dari paruh sampai ujung ekor sekitar 22cm. Seperti umumnya Burung Cucak Hijau ini seluruh tubuhnya didominasi warna hijau terang atau hijau daun. termasuk sayap dan ekor. perbedaannya pada pipi dan tenggorokan Burung Cucak Hijau tersebut.
Burung Cucak Hijau : Ciri-ciri Burung Cucak Hijau Dan Cara Membedakan Burung Cucak Hijau Jantan Dan Betina

Perbedaan Burung Cucak Hijau adanya burung biru juga bisa di sebut warna noktah pada bagian bahu Burung Cucak Hijau jantan. Burung Cucak Hijau betina dengan tenggorokan kuning dan lingkaran mata kuning. Burung Cucak Hijau mempunyai kesamaan yaitu memiliki sepasang strip malar biru berkilau di sisi dagunya.
Burung Cucak Hijau memiliki irisan mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam, dan kaki abu-abau kebiruan. Jenis Burung Cucak Hijau ini kadang bersikap agresif terhadap jenis lain yang berukuran lebih kecil. 

Cucak Ijo Jantan Yang Bagus:
  • Tubuh burung lebih panjang dan profesional. Besar ekornya mengempal agak kebawah .
  • Paruh burung cucak ijo yang panjang dan tebal. ini menandakan burung tsb punya suara yang bagus
  • Warna/Postur tubuh Cucak Ijo harus Hijau gelap dan bulu bawah mulut hitam gelap samping mulut agakberwarna Biru agak keputihan kaki burung cucak ijo yang bagus harus kering gak bengkok.
  • Lidah burung, dan mulut bagian dalem burung yang bagus harus hitam
  • Kukunya burung Cucak Ijo harus bengkok, dan runcing.
  • Ciri kicau burung Cucak Ijo yang bagus harus bersih dan nyaring lentang dan ketika burung berkicau yang bagus ekornya harus bergoyang yang aktif dan tenggorokan burung yang bagus ketika berkicau harus cembung.
  • bulu cucakijo haruslah kering tetapi tetap mengkilap dan tidak kusam
  • ciri cucak ijo jantan yang bagus yang terahir adalah kepala burung cucak ijo haruslah cepak,
Cucak Ijo Jantan Dan Betina yang Masih Trotolan/Bakalan/Anakan :
  • Trotolan burung cucak ijo jantan yang masih dibawah usia 4 bulan,memiliki warna kuning pada alis yang melingkar di kedua di matanya, atau terlihat seperti sedang memakai kacamata kuning. Sedangkan untuk cucak ijo betina trotolan,warna alisnya lebih terlihat berwarna putih.
  • Warna paruh bagian bawah pada burung cucak ijo jantan trotolan,berwarna coklat tua yang cukup jelas, Sedangkan pada burung cucak ijo betina trotolan, paruh berwarna putih.
  • Khusus untuk trotolan cucak ijo yang berumur 4-6 bulan, di leher betinanya terdapat warna kuning, yang lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan untuk cucak ijo jantan trotolan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol berwarna hitam. Dan pada dua bulan berikutnya,
  • Warna hitam tersebut akan terlihat semakin jelas pada bagian leher/bawah paruh.
  • Semakin usia burung bertambah maka warna hitam tersebut akan semakin menutup leher sampai ke bagian bawah mata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-ciri Burung Cucak Hijau Dan Cara Membedakan Burung Cucak Hijau Jantan Dan Betin - Penangkaran Burung Cucak Hijau

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!