Cara Memilih Burung Cucak Hijau Asal Banyuwangi yang Unggul Apa Asal Kalimantan yang Bermental Juara

Cara Memilih Burung Cucak Hijau Asal Banyuwangi yang Unggul Apa Asal Kalimantan yang Bermental Juara - Tidak bisa dipungkiri, burung ini sekarang memiliki penggemar luar biasa. Satu-persatu transaksi jawara dari harga puluhan hingga ratusan juta tercatat dan makin melambungkan burung ini. Fenomena ini pula membuat penggemar cucak hijau terpompa spiritnya untuk mencetak burung-burung muda berpotensi.
Cara Memilih Burung Cucak Hijau Asal Banyuwangi yang Unggul Apa Asal Kalimantan yang Bermental Juara

Akan tetapi sedikit ironis bila melihat ekspektasi penggemar cucak hijau. Ada fakta di lapangan bahwasannya pengetahuan mereka seakan tak sebanding lurus dengan ekspektasi itu. Masih banyak pemain mengalami ‘mimpi buruk’ lantaran gagal mengorbitkan seekor besutan di lapangan. Kegagalan mereka lantaran kurang diimbangi dengan pengetahuan memilih dan merawat sang jagoan.

Nah, redaksi Ronggolawe sebagai media yang makin dipercaya penghobi kicauan akan mencoba mengupas secara mendalam. Cucak hijau (Chloropsis sonnerati), burung kicauan yang dikenal memiliki penyebaran ke sejumlah wilayah. Antara lain menyebar ke Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, Pulau Natuna, Jawa dan Bali. Di Pulau Jawa, burung ini tercatat berkembakbiak sekitar bulan April.

Burung berukuran sekitar 22 cm (diukur dari ujung paruh hingga ekor) difavoritkan penghobi kicauan sebagai andalan mereka ketika di kontes. Ada dua kawasan sebagai asal-muasal cucak hijau yang diprimadonakan penghobi. Yakni cucak hijau asal Banyuwangi (Jatim) dan Berau (Kalimantan). Konon, kedua kawasan ini menelurkan cucak hijau berkualitas dan karakter jawara.

Sebelum membahas cara memilih cucak hijau bermental juara, kali pertama kenali ciri khas burung ini dari kedua kawasan tadi. Dimulai dari Banyuwangi, kota paling ujung timur di Pulau Jawa.

ASAL BANYUWANGI - Cucak hijau asal Banyuwangi rata-rata memiliki ciri sebagai berikut ; memiliki postur tubuh panjang agak melengkung, ketika ngentrok jambul berdiri–jegrik (Jawa, Red), volume lebih kristal dan variasi lagunya lebih banyak. Sedangkan dari warna hijau bulu lebih jelas bin tajam, ekor lebih panjang, melengkung dan lentur.

Burung asli Banyuwangi juga bisa dibedakan berdasarkan asalnya. Antara lain dari Alas Purwo, cucak hijau asal hutan ini konon memiliki ukuran tubuh lebih besar, warna hijau muda dan memiliki mental tempur bagus diimbangi volume keras. Dari Songgon, cucak hijau dari hutan Songgon memiliki ciri berpostur besar, warna hijau tua namun mental kurang bagus. Terkadang ditemui sering berperilaku menjulurkan lidah alias melet.

Sedangkan dari kawasan kaki gunung Ijen, memiliki postur sedang dan warna hijau tua seperti cucak hijau dari hutan Songgon. Yang terakhir, dari hutan Pesanggaran, memiliki warna hijau lebih tegas, postur tubuh besar, mental tempurnya tokcer namun memiliki tabiat kurang bagus. Konon, memiliki kendala tinggi ketika akan disetel untuk kontes. Juga ada kecenderungan burung ini manja plus malas berkicau.
Cara Memilih Burung Cucak Hijau Asal Banyuwangi yang Unggul Apa Asal Kalimantan yang Bermental Juara

ASAL KALIMANTAN - Perbedaan mencolok antara cucak hijau asal Banyuwangi dan Kalimantan terletak dari postur tubuh. Lazimnya, cucak hijau asal Kalimantan memiliki postur tubuh dan ekor lebih pendek. Kelenturan ekornya lebih bagus asal Banyuwangi. Ketika ngentrok bagian jambulnya kurang berdiri alias jegrik. Warna hijau pada bulu kurang jelas dan tajam serta cenderung kekuningan. Sedangkan variasi lagunya kurang begitu bagus. Untuk volume kurang tajam.

Namun, ada cucak hijau asal Kalimantan yang banyak menjadi buruan para pemain. Yakni cucak hijau asal Berau, Kaltim. Konon burung asal kawasan ini memiliki postur besar dibanding cucak hijau asal kawasan Kalimantan lainnya. Variasi lagunya saat bakalan konon sudah terisi lagu-lagu kasaran. Mental tempurnya juga bisa diandalkan untuk tampil di kontes.

PILIH MENTAL JAWARA - Setelah mengetahui lebih dalam asal-muasal jenis ini, selanjutnya pahami bagaimana memilih cucak hijau bermental jawara. Ada cara mudah untuk mendeteksi burung yang memiliki prospek di lapangan atau tidak.

Secara umum, cucak hijau prospek bisa dilihat dari fisik. Yakni memiliki postur tubuh panjang dan besar secara proporsional. Artinya, mulai dari ukuran kepala, leher, badan dan kaki seimbang. Pilih yang memiliki paruh besar dan tebal, konon ciri seperti ini dapat mengindikasikan sebagai cucak hijau bervolume tebal.

Ciri selanjutnya adalah mata agak melotot dan menonjol, kepala bulat, besar dan tebal. Menurut sejumlah ijomania, ciri seperti ini menandakan burung ini cerdas. Berikutnya dada lebar nan gagah, punggung melengkung, sayap mengepit, kaki kokoh dan kuat mencengkeram. Menandakan burung sehat.

Cucak hijau sehat dapat dilihat dari sejumlah ciri antara lain memiliki sorot mata tajam, bulu rapi, halus dan mengkilap, nafasnya tidak tersengal-sengal, tegap dan tidak sempoyongan, kotorannya tidak cair, aktif bergerak dan berkicau serta nafsu makan plus tidak cacat.

Bila melihat ciri-cirinya, ijomania banyak merekomendasikan cucak hijau asal Banyuwangi khususnya dari kawasan alas Purwo. Sedangkan dari Kalimantan pilihlah dari Berau. Karena sesuai dengan ciri fisik seekor cucak hijau bermental jawara. “Bila dari dasarnya saja sudah bagus, maka selanjutnya tinggal memoles dari sisi perawatan. Itu lebih mudah, ”ujar sejumlah ijomania.

0 Response to "Cara Memilih Burung Cucak Hijau Asal Banyuwangi yang Unggul Apa Asal Kalimantan yang Bermental Juara"

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!