Burung Cucak Hijau Tidak Mau Kerja Saat Lomba Inilah Rahasia Perawatan Burung Cucak Hijau Harian Untuk Lomba

Burung Cucak Hijau Tidak Mau Kerja Saat Lomba Inilah Rahasia Perawatan Burung Cucak Hijau Harian Untuk Lomba - RAHASIA PERAWATAN - Mengawali pola merawat burung yang pakan utamanya pisang plus jangkrik dan kroto, ada beberapa tahap perlu diperhatikan. Belajar dari pengalaman para pemandu bakat spesialis cucak hijau atau para pemain papan atas, pilihlah burung berusia produktif dan sebaiknya tidak berpatokan pada banyaknya prestasi yang dikoleksi. Karena semakin banyak prestasi yang dikoleksi, harganya otomatis sudah selangit.
Burung Cucak Hijau Tidak Mau Kerja Saat Lomba Inilah Rahasia Perawatan Burung Cucak Hijau Harian Untuk Lomba

Kendala yang sering dihadapi adalah tidak bisa menampilkan lagi secara maksimal di lapangan pasca take over. Ada indikasi, ketika take over usia jawara tadi sudah terlampau tua sehingga kurang “tajam” mendulang prestasi di lapangan. Atau sang perawat tidak bisa meneruskan sejumlah rahasia perawatan dari besutan ini.

Untuk menghindari pengalaman pahit tadi, banyak menyarankan untuk memilih burung dalam kategori prospek. Karena kondisi usia masih produktif dan pola perawatannya bisa dipoles lagi hingga maksimal. Sehingga perawat masih mampu mengikuti ritme perawatan sesuai karakter burung.

Mengatur pola perawatan bisa diawali dengan pagi hari. Biasakan sejak pukul 07.00 kerodong dibuka dan diangin-anginkan di tempat teduh. Biarkan burung menghirup udara pagi seperti di habitat aslinya. 30 menit kemudian mandikan menggunakan kerambah atau bila terbiasa pakai semprotan juga bisa digunakan.

Untuk membersihkan segala kuman sekaligus melembutkan bulu serta mengkilapkan bulu, air mandi tadi bisa dicampur dengan shampoo Jati Jajar. Shampoo ini merupakan produk Ebod Jaya yang multi-fungsi. Antara lain melembutkan bulu, membunuh kuman dan kutu, membersihkan kandang dan juga aksesorisnya.

Shampoo dikemas dalam botol plastik berisi 800 ml dan sudah mengandung desinfektan. Fungsinya untuk membunuh kuman dan kutu. Shampoo ini juga mengandung lidah buaya yang mampu melembutkan bulu, menyuburkan dan menumbuhkan bulu pada burung yang terserang kebotakan akibat penyakit, terutama infeksi yang disebabkan tungau kantung udara (air sac mites). Atau burung yang terlalu sering digenjot untuk berproduksi (kasus pada burung-burung di kandang penangkaran).

Bersihkan pula sarang dari segala kotoran. Juga ganti air minum, voer atau pakan lainnya. Agar asupan ekstra fooding terjaga berikan jangkrik tiga ekor, masing-masing pagi dan sore. Khusus porsi menjelang lomba, biasanya pemain meningkatkan porsi jangkrik menjadi dua kali lipat.
Burung Cucak Hijau Tidak Mau Kerja Saat Lomba Inilah Rahasia Perawatan Burung Cucak Hijau Harian Untuk Lomba

Juga berikan pisang kepok putih. Sebagai pakan utama, pisang kepok putih bisa diberikan sejak hari Selasa hingga Sabtu menjelang tampil di kontes. Minggu pagi sebelum ke lomba ganti pakan tadi dengan apel merah. Menurut sejumlah ijomania, apel merah dipercaya dapat meningkatkan birahi.

Sedangkan Senin pasca lomba, bisa mengonsumsi larutan penyegar. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi tenggorakan dan pita suara setelah digenjot di kontes. Menu usai lomba juga bisa ditambah dengan memberikan pepaya California.

Setelah mandi dan disiapkan ekstra fooding, jemur sekitar dua atau tiga jam dimulai pukul 08.00 Selama penjemuran sebaiknya kurangi kontak langsung dengan burung sejenis. Kalau toh terpaksa ada burung sejenis di rumah, usahakan saat menjemur disekat dengan papan triplek atau burung lain jenis. Berjarak sekitar dua sangkar diantara kedua cucak hijau tadi.

Usai dijemur, sebaiknya jangan langsung dikerodong atau dimasukkan dalam rumah. Letakkan dulu di tempat teduh untuk diangin-anginkan sekitar 10 menit. Selanjutnya, masukkan seluruh wadah pakan dan air minum. Dihari-hari tertentu, burung ini bisa mengonsumsi kroto. Biasanya pemain memberikan sepekan dua kali dengan ukuran sekitar satu sendok teh. Usahakan beri kroto segar dan bersih.

Selama istirahat, usahakan ditempel sejumlah burung master atau alat master elektrik. Cucak hijau bisa ditempel sejumlah suara master, antara lain lovebird, cililin, gereja tarung atau tengkek keling.

Perawatan sore, sekitar pukul 15.00 angin-anginkan ditempat teduh selama 10 menit. Buka pula kerodong dan berikan jangkrik dengan porsi yang sama seperti pagi. Usai itu, kerodong lagi dan dampingi masa istirahatnya dengan lantunan lagu master tadi.

Sejumlah ijomania juga sering terlihat menerapkan latihan ketat, dengan menggunakan kandang umbaran. Tujuannya untuk mencetak stamina dan fisik cucak hijau bak seorang atlit nasional yang siap melakoni kompetisi sengit. Jadwal masuk kandang umbaran bisa disesuaikan misalnya dalam sepekan tiga kali masuk kandang.

Selama di kandang umbaran sekitar tiga atau empat jam, berikan treatment latihan fisik. Jangan biarkan burung diam atau nangkring di sudut kandang. Latih burung terbang sedikitnya 100 kali bolak-balik dari satu sudut ke sudut lainnya. Disela-sela latihan, beri waktu istirahat sekitar 10 menit.

Mungkin di awal latihan, burung jangan dipaksa terbang terbang sebanyak tadi. Cucak hijau yang tidak terbiasa di umbaran, relatif tidak memiliki kemampuan terbang dan melakoni latihan ketat seperti ini. Untuk mencapai 100 kali terbang, lakukan secara bertahap. Dengan latihan seperti ini, andalan Anda akan memiliki nafas panjang, stamina dan fisik tangguh.

Guna menunjang latihan ketat tadi, cucak hijau juga butuh asupan multivitamin yang banyak direkomendasikan pemain. Adalah Ebod Vit, multivitamin yang aman digunakan setiap hari produk unggulan dari Ebod Jaya.

Cara menggunakan, berikan 5-10 tetes pada air minum. Pemberian sebaiknya setelah burung dijemur. Usahakan air minum jangan terkena matahari langsung, pasalnya dapat merusak kandungan yang didalam multivitamin tadi.

Ebod Vit merupakan multivitamin unggulan dari Ebod Jaya. Multivitamin ini mampu mengatasi dan mencegah stress pada burung, merangsang burung berkicau, memenuhi kebutuhan vitamin dan juga menjaga keseimbangan tubuh, menjaga stamina burung dan meningkatkan nafsu makan. Vitamin ini baik digunakan untuk menjaga kesehatan burung, membantu penyembuhan burung-burung yang kondisinya kurang fit atau burung yang sedang sakit.

Sedangkan dua hari menjelang lomba, penggunaan Ebod Vit digantikan dengan salah satu produk unggulan lainnya dari Ebod Jaya. Adalah Ebod Joss, vitamin penggacor untuk burung, produk Ebod Jaya yang mengandung multivitamin yang mampu merangsang pembentukan hormon testosteron. Yang bisa membuat burung menjadi gacor, daya tahan prima, stamina meningkat, nafas menjadi panjang dan mental tidak mudah anjlok. Vitamin ini baik digunakan setelah burung selesai mabung, burung macet bunyi akibat stress, atau suara burung kurang bertenaga.

0 Response to "Burung Cucak Hijau Tidak Mau Kerja Saat Lomba Inilah Rahasia Perawatan Burung Cucak Hijau Harian Untuk Lomba"

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!