Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cucak Jenggot - Tahap yang Manjur Membangkitkan Burung Cucak Jenggot yang Drop - Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot -  Tahap yang Manjur Membangkitkan Burung Cucak Jenggot yang Drop - Penangkaran Burung Cucak Jenggot - Tahapan membangkitkan burung ngedrop - Ada beberapa tahapan mengenai perawatan harian untuk burung yang jatuh mental /  ngedrop. Namun perlu dicatat, aplikasi ini tidak berlaku untuk burung dari keluarga punglor seperti anis kembang dan anis merah (khusus keluarga punglor, ada tips khusus yang pernah dikupas di sini).
Burung Cucak Jenggot -  Tahap yang Manjur Membangkitkan Burung Cucak Jenggot yang Drop - Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Selebihnya bisa diterapkan pada jenis burung kicauan lainnya, seperti cucak jenggot, kacer, murai batu, ciblek, cendet, dan sebagainya.
Burung Cucak Jenggot -  Tahap yang Manjur Membangkitkan Burung Cucak Jenggot yang Drop - Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Berikut ini tahapan membangkitkan burung yang ngedrop :

  • Pada saat burung sudah berada di rumah, segera full kerodong agar lebih tenang dan siap beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Gantung burung di tempat yang tenang, serta jauh dari keberadaan burung lain yang ada di rumah selama  beberapa hari.
  • Selama masa perawatan,  sebaiknya manjakan burung dengan memberikan pakan kesukaannya sebanyak yang dia mau (ad libitum / pemberian tanpa batas), seperti jangkrik atau serangga lainnya.
  • Jika burung menyukai buah, berikan buah-buahan yang sebelumnya sudah diolesi dengan madu.
  • Selama masa perawatan, burung sebaiknya jangan dimandikan dahulu.
  • Jika memungkinkan, burung bisa dirangsang untuk kembali bunyi dengan memberikan terapi TestoBirdBooster (TBB). Pemberian awal 3 hari berturut-turut. Pantau sampai sepekan sejak pemberian hari pertama. Biasanya burung sudah mau bunyi lagi pada hari ke-3 s/d ke-7. Untuk selanjutnya, meski sudah tidak ngedrop lagi, pemberian  cukup 1x seminggu.
  • Jika sampai seminggu belum ada perubahan, bisa diulangi lagi pada minggu kedua dengan cara yang sama (3 hari berturut-turut). Sebab kondisi burung yang ngedrop berbeda-beda, demikian pula karakter dasarnya, sehingga efek TBB terhadap burung yang satu terkadang berbeda dari burung lainnya. Tetapi, berdasarkan testimoni para pelanggan, burung biasanya gacor lagi pada hari kedua atau ketiga.
  • Setelah beberapa hari masa perawatan (misalnya setelah 1-2), barulah diberikan perawatan harian seperti biasanya.
  • \Beberapa hari berikutnya, burung sudah sembuh dan siap untuk berkicau kembali menyenangkan tuannya.

Perawatan berikutnya adalah memberikan tambahan suplemen mineral atau vitamin untuk menjaga kondisi burung tetap fit, sehingga tidak mudah ngedrop, selalu aktif dan rajin berkicau, serta siap beraksi kembali di lapangan (jika sebelumnya sering berlomba).(omkicau)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!