Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cucak Jenggot - Merawat Cucak Jenggot yang Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas - Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot - Merawat Cucak Jenggot yang Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas -  Penangkaran Burung Cucak Jenggot - Perawatan Cucak Jenggot Mabung – Perawatan pada cucak jenggot yang sedang mabung harus dilakukan dengan benar karena jika salah merawat cucak jenggot yang sedang mabung atau merawat burung kicau lainnya yang sedang mabung maka efeknya akan membuat burung menjadi drop atau mabung tidak tuntas yang mana biasanya untuk memulihkan kondisinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Burung Cucak Jenggot - Merawat Cucak Jenggot yang Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas -  Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Pola perawatan cucak jenggot mabung tentu saja berbeda dengan perawatan cucak jenggot harian Karena pada saat mabung ini cucak jenggot membutuhkan nutrisi yang cukup banyak melebihi di hari-hari biasanya cucak jenggot juga perlu kondisi yang tenang agar bisa fokus pada proses mabung dan mabungnya tidak terganggu sehingga menjadi tuntas.

Proses mabung tersendiri adalah proses yang sangat alamiah yang terjadi pada burung dan unggas biasanya terjadi 1 sampai 2 kali dalam setahun tergantung kondisi burung tersebut terutama kondisi hormonnya. Tahapan-tahapan mabung biasanya pertama kali burung akan merontokan bulu-bulu kecil lalu diikuti dengan bulu-bulu besar dan ekor setelah itu bulu-bulu jarum akan tumbuh dan bulu-bulu baru akan tumbuh dengan sempurna.

Tapi itu jika proses mabung berlangsung dengan lancar tetapi jika proses mabung tidak tuntas biasanya Bulu akan sulit untuk ambrol atau ngurak sehingga bulu-bulu lama di tubuh cucak jenggot tidak copot semuanya. Jika perawatannya kurang tepat kadang cucak jenggot yang sedang mabung memang tumbuh bulunya tuntas, tetapi waktu untuk mabung tersebut berlangsung lebih lama dari biasanya. Waktu untuk cucak jenggot mabung biasanya sekitar 1 sampai 2 bulan jika perawatannya bagus 1 bulan juga sudah beres dan tuntas.

Merawat Cucak Jenggot yang Mabung
Ciri-ciri atau tanda cucak jenggot mabung yaitu terdapat bulu-bulu halus di bagian bawah kandang yang berjatuhan. Karakter burung berubah, umumnya lebih banyak diam dan jarang berkicau atau bahkan macet bunyi lalu bulu-bulu di tubuhnya sudah terlihat kusam bercabang atau nyerit terutama pada bagian bulu-bulu besar. Nah jika sudah terlihat seperti itu maka cucak jenggot harus diterapkan dengan pola rawatan mabung. Berikut ini pola rawatan mabung cucak jenggot secara umum.

  • Tahap awal yaitu tempatkan cucak jenggot di tempat yang sepi dan tenang jauh dari lalu lalang orang dan gangguan. Lebih baik juga jika cucak jenggot tidak mendengarkan suara burung lain atau berkicau, karena jika cucak jenggot masih sering berkicau atau mendengar suara burung lain biasanya proses ngurak atau rontoknya bulu akan berjalan lebih lama.
  • Untuk membuat cucak jenggot lebih tenang sebaiknya kandang lebih sering di krodong ini bisa membantu cucak jenggot agar agar tidak berkicau dan tidak terganggu oleh lingkungan sekitar.
  • Lebih baik stop dulu mandinya sampai cucak jenggot mengeluarkan bulu-bulu jarum. Tetapi jika memang ingin dimandikan maka cukup mandikan saja seminggu sekali dan jangan terlalu basah
  • Lebih baik stop dulu jemurnya agar bulu-bulu cepat rontok dan lebih baik dijemur setelah bulu-bulu jarum tumbuh. Tetapi jika ingin dijemur cukup jemur 20 menit maksimal
  • Berikan lebih banyak extrafont seperti kroto jangkrik ulat Hongkong settingan sesuai masing-masing tetapi berikan lebih banyak dari biasanya.
  • Berikan juga buah pepaya secara rutin.
  • Saat-saat mabung adalah saat-saat yang tepat untuk proses pemasteran karena burung lebih banyak diam dan mendengarkan sehingga lebih cepat merekam. Proses pemasteran ini dilakukan saat bulu-bulu jarum sudah mulai tumbuh, jika saat bulu rontok lebih baik jangan di master. Download masteran cucak jenggot

Mungkin perawatan mabung setiap orang dan setiap burung berbeda-beda. Nah perawatan mabung di atas yaitu perawatan mabung cucak jenggot secara umum. Silahkan dimodif sesuai dengan karakter dan kebiasaan burungnya masing-masing.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!