Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cucak Rowo - Pengganggu Proses Mabung Burung Cucak Rowo - Penangkaran Burung Cucak Rowo

Burung Cucak Rowo - Pengganggu Proses Mabung Burung Cucak Rowo - Penangkaran Burung Cucak Rowo -Burung Cucak Rowo - Mabung (Moulting) atau rontok bulu adalah siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung Cucak Rowo pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung cucak Rowo menjadi rusak. Pada masa mabung, metabolisme tubuh burung Cucak Rowo meningkat hampir 40% dari kondisi normal.
Burung Cucak Rowo - Pengganggu Proses Mabung Burung Cucak Rowo - Penangkaran Burung Cucak Rowo

Oleh karena itu, burung Cucak Rowo butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.
Burung Cucak Rowo - Pengganggu Proses Mabung Burung Cucak Rowo - Penangkaran Burung Cucak Rowo

Pengganggu Proses Mabung :

  • Penyakit -  Penyakit yang disebabkan virus circiovirus (Beaj and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu, Psittacosis Kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burun sulit tumbuh
  • Gizi Buruk - Sebagaimana digambarkan diartikel sebelumnya, persyaraan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan katenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas ( mudah patah, mudah kusam, melintir, keriting dan sebagainya).
  • Kimiawi - Penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu, Selain itu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahkan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melentir jika diberikan sesama burung mabung
  • Stres - Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi.loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu burung tidak bisa berkembang seprna dengan sebagaimestinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cucak Rowo - Pengganggu Proses Mabung Burung Cucak Rowo - Penangkaran Burung Cucak Rowo

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!