Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cucak Rowo - Cara Merawat Cucak Rowo Agar Cepat Gacor dan Ngropel - Penangkaran Burung Cucak Rowo

Burung Cucak Rowo - Cara Merawat Cucak Rowo Agar Cepat Gacor dan Ngropel - Penangkaran Burung Cucak Rowo - Cara Merawat Cucak Rowo Agar Cepat Gacor dan Ngropel - Memelihara atau merawat Burung Cucak Rowo merupakan sesuatu yang istimewa, dalam masyarakat kita bila memelihara burung Cucak Rowo maka hal ini terkait dengan strata ekonomi atau derajat pemiliknya. Kicauan khas cucak rowo saja sudah cukup menghibur apalagi bila burung sudah gacor dan berkicau ropel? tentu saja akan lebih baik lagi. Cara Merawat Cucak Rowo termasuk mudah namun membuatnya ngropel memang butuh perawatan yang intensif.
Burung Cucak Rowo - Cara Merawat Cucak Rowo Agar Cepat Gacor dan Ngropel - Penangkaran Burung Cucak Rowo

Makanan Cucak Rowo biar cepat ngropel adalah jenis buah-buahan yang dikombinasikan dengan beberapa ekor serangga segar seperti Jangkrik atau Ulat setiap harinya. Tubuhnya yang besar membutuhkan banyak makanan untuk memberikan energi yang cukup saat berkicau, untuk itu berikanlah buah segar setiap hari - misalnya saja Pisang kepok 1 buah atau pepaya 1 potong. Selain memberikan buah, berikan juga Jangkrik 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor di sore hari. Kroto bisa diberikan 3 hari sekali dengan porsi 1 sendok makan yang diberikan di pagi hari setelah burung dimandikan dan di jemur.

Memandikan dan Menjemur Cucak Rowo dapat dilakukan setiap hari atau 2 hari sekali sesuai dengan waktu luang anda, namun sangkar dibersihkan dari kotorannya harus setiap hari, terutama di sore hari saat burung mau tidur atau mau di masukkan ke dalam rumah, sehingga burung yang masuk rumah sudah bersih dari kotoran dan tidak menimbulkan bau. Penjemuran cukup dilakukan maksimal 2 jam setiap harinya, namun jangan lebih dari jam 10, karena burung ini termasuk burung yang tidak begitu suka panas yang menyengat.

Kerodong burung saat malam hari, agar burung bisa istirahat dengan tenang, namun ruangan burung sebaiknya tetap di terangi dengan lampu agar burung tidak merasa takut dalam gelap. kerodong juga sangat penting saat burung melalui masa ganti bulu (mabung/ngurak). Untuk burung muda atau bakalan sebaiknya gunakan kerodong yang tipis dan terang, sedangkan burung yang sudah cukup umur bisa dikerodong dengan kerodong yang agak tebal dari bahan katun.

Cucak Rowo termasuk burung yang mudah stress bila ditempatkan di lingkungan yang bising, sehingga burung jadi malas berkicau, untuk itu lebih baik memelihara burung cucak rowo sebaiknya di tempatkan dirumah yang asri, tenang dan nyaman. Bila burung merasa nyaman dan mendapat makanan yang cukup maka burung akan lebih cepat berkicau, baik dengan nada panggil maupun ropelan.

Agar burung cepat ngropel, selain melakukan perawatan diatas Pemasteran adalah hal yang sangat penting, adapun suara masteran yang cocok untuk Cucak Rowo adalah burung Trucukan yang udah ngropel dan rajin berkicau. Sudah sejak lama trucukan dijadikan masteran untuk burung cucak rowo, selain itu anda juga bisa menggunakan masteran lain misalnya Cucak Rawis atau Kepodang.
Burung Cucak Rowo - Cara Merawat Cucak Rowo Agar Cepat Gacor dan Ngropel - Penangkaran Burung Cucak Rowo

Secara umum, inilah skedul Merawat Cucak Rowo :

  • Setiap hari, saat cuaca cerah burung dikeluarkan dari rumah sekitar pukul 6 pagi.
  • Ketika matahari telah terbit, sekitar pukul 7 burung dimandikan, bisa disemprot maupun di keramba sesuai kebiasaan.
  • Setelah mandi burung diberi makanan : pisang segar yang dikupas separo 1 buah, jangkrik 5 ekor, kemudian burung dijemur sampai bulu-bulu kering dan tampak burung sudah tidak didis lagi (didis = merapikan bulu-bulu). lamanya sekitar 1-2 jam.
  • Menjelang tengah hari burung di gantung ditempat yang teduh misalnya diteras atau dibawah pohon, setelah dijemur sebaiknya jangan langsung dikerodong atau dimasukkan ke dalam rumah yang gelap. Siang hari biarkan burung tanpa dikerodong agar burung mau berkicau, kecuali saat mabung barulah burung tetap dikerodong di siang hari. 
  • Sore hari burung kembali dirawat, bersihkan kotorannya, mandikan bila perlu saja dan beri jangkrik 5 ekor. Jemur atau diangin-anginkan sebentar, menjelang petang barulah burung dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah.

Itulah rutinitas Merawat Cucak Rowo secara umum, pemberian kroto sebaiknya dilakukan 3 hari sekali dan vitamin diberikan seminggu sekali agar burung tetap sehat dan mendapatkan nutrisi yang lengkap. karena burung yang dirawat manusia tidak dapat memilih aneka jenis buah kesukaan burung, sehingga pemberian vitamin membantu menyediakan vitamin yang cukup bagi burung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cucak Rowo - Cara Merawat Cucak Rowo Agar Cepat Gacor dan Ngropel - Penangkaran Burung Cucak Rowo

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!