Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cucak Jenggot - Peduli Burung Cucak Jenggot Dengan Penangkaran dan Perawatan Burung Cucak Jenggot - Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot - Peduli Burung Cucak Jenggot Dengan Penangkaran dan Perawatan Burung Cucak Jenggot - Penangkaran Burung Cucak Jenggot - Kedepan diprediksi peminat Burung Cucak Jenggot bakal meningkat dan pendatan baru ini semakin ngetren. Tapi apakah akan bisa bertahan lama seperti burung saingannya anis merah? Disisi lain harga yang meroke memicu pemburu burung menjarah di hutan habitat alamnya. Karena itu, para kicau mania perlu menjaga populasi Burung Cucak Jenggot di alamnya agar tidak terkuras habis. " Jangan  sampai cerita cucakrowo yang sempa lama tidak boleh dilombakan terulang pada cucak jenggot." imbau penangkar Lovebird.
Burung Cucak Jenggot - Peduli Burung Cucak Jenggot Dengan Penangkaran dan Perawatan Burung Cucak Jenggot - Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Berkah juga menyarankan, para penggemar burung kicauan unuk melakukan penangkaran Burung Cucak Jenggot. Penangkaran akan memberi kesempatan usaha bagi orang lain dan perburuan burung di alam pun tidak terjadi secara terus menerus. "Kalau dulu oran sering menangkap burung yang masih anakan, tetapi sekarang malah burung-burung yang sudah dewasa. Kalau ini terus menerus dilakuan, kasihan anak-anak burung karena induknya tidak bisa memberikan makanan dan anaknannya pun mati,"ceritanya.

Di kandang para pecintanya, Burung Cucak Jenggot alias grey cheeked bulbul menjalani perawatan yang tidak berbeda dengan burung jenis pemakan buah-buahan lain, seperti mandi dan penjemuran. Umumnya perawatan harian dimualai dari pukul tujuh pagi ketika burung dibuka kerodonggnya. Kemudian dimandikan dan di jemur hingga pukul delapan lalu masuk ke dalam rumah lagi.
Burung Cucak Jenggot - Peduli Burung Cucak Jenggot Dengan Penangkaran dan Perawatan Burung Cucak Jenggot - Penangkaran Burung Cucak Jenggot

Sementara itu, unuk terus menjaga stamina burung tetap prima, pola makan juga mesti diperhatikan. "Berikan pakan kesukaan Burung Cucak Jenggot ini seperi saat masih di alamnya berupa buah, dan jangkrik serta tambajan juga voer,"

Pakan voer sebaiknya disesuaikan denan kebutuhan pakan hariannya. Lebih baik voer tersebut setiap hari untuk menghindari kontaminasi cendawan pada pakan agar burung lebih terjamin kesehatannya. Sedangkan oakan buah-buahan faforit Burung Cucak Jenggot adalah pisang kepok putih, pepaya, dan apel busa setiap hari, tetapi disarankan untuk disajikan secara bergantian. :Kalau hari ini pisang kepok, besok apel atau buah pepaya begitu seterusnya."

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!