Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Ciblek - MEMPERSIAPKAN TENGGERAN YANG IDEAL UNTUK BURUNG KICAU - Penangkaran Burung Ciblek

Burung Ciblek - MEMPERSIAPKAN TENGGERAN YANG IDEAL UNTUK BURUNG KICAU - Penangkaran Burung Ciblek - Tenggeran yang ideal untuk burung kicau kesayangan kita harus terbuat dari kayu keras dan permukaan kasar tetapi tidah tajam, misalnya kayu asam dan jambu biji yang cukup keras dan permukaan kayunya tidak halus tapi Kasar tapi tidak tajam. Diameter ideal adalah tergantung kaki burung, kaki burung harus bisa mencengkram 2/3 bagian lingkaran tenggeran, jumlah bisa di sesuaikan dengan tinggi dan lebar kandang sesuai selera bisa satu, dua atau 3 tenggeran yang di gunakan untuk tenggeran si Burung Kicau kita.

Tenggeran yang bagus untuk burung murai batu ( memepersiapkan Tenggeran )


Berikut ini bentuk sangkar dan posisi tenggeran :

Tangkringan/Tenggeran burung dibuat beragamm bentuk. Semua itu dibuat sesuai tujuan dan jenis burung kicau kita.

Tenggeran yang idelal untuk burung kicau murai batu kenar cucak ijo anis merah
Model Tangkringan 1
Berikut ini penjelasan dari Model Tangkringan 1 yang berupa sangkar dan tangkrinagn di dalamnya dan juga kegunaan tangkringan tersebut :
Gambar A adalah sangkar bulan dengan diameter beragam, muali dari 40cm sampai 60cm atau bahkan lebih. Tangkrian yang di tunjukan Gambar A itu cocok untuk burung kicau yang memiliki ekor panjang seperti Murai Batu, denagn tujuan agar ekor burung tidak rusak ketika burung beraktifitas atau tidur. Pada umumnya burung saat berkicau dan tudur mencari tangkrinagn tertinggi. Dengan tangkringan model itu maka ekor burung akan lebih terjaga kehalusannya dan keelokannya.
Gambar  B menggunakan model tangkringan yang disusun secara silang. Tangkringan ini beresiko untuk merusak ekor burung saat tidur dan beraktivitas. Tangkringan ini biasanya di pakai untuk burung kicau yang model tarungnya menggeser badan ke kanan atau kekiri.
Gambar C di Gambar C ini sama fungsinya dengan Gambar B hanya saja ini menggunakan model tangkrinagn "T". Kalau pada Gambar A yang atas itu memakai kawat yang berbahan Kuningan agar tidak mudah berkarat.

Tenggeran tangkringan yang idelal untuk burung kicau murai batu kenar cucak ijo anis merah
Model Tangkringan 2
Berikut ini penjelasan dari Model Tangkringan 2 yang berupa sangkar dan tangkrinagn di dalamnya dan juga kegunaan tangkringan tersebut :
Gambar D biyasanya di gunakan untuk burung kicau yang medium dan kecil seperti burung kenari, ciblek dan lain-lain. Tetapi tangkringan model seperti Gambar D tidak di sarankan karena ekor burung kicau yang kita cintai bisa rusak.
Gambar E Untuk burung yang bertubuh sedang seperti Kenari Kacer dan lain-lain, Tangkrinagn ini dikhususkan untuk burung yang berkarakter berdasarkan banyaknya/seringnya burung bermain naik-turun dari tangkrinagn bawah ke atas dan sebaliknya.
Tenggeran tangkringan yang idelal untuk burung kicau murai batu kenar cucak ijo anis merah
Model Tangkringan 3
Model Tangkringan 3 ini hampir sama dengan Gambar E yang ada di Model Tangkringan 2 fungsi dan keguanan dan juaga untuk macam burung kicau yang sama dengan Gambar E.
Tenggeran tangkringan yang idelal untuk burung kicau murai batu kenar cucak ijo anis merah
Model Tangkringan 4
Gambar H adalah model tenggeran untuk burung kicau yang hampir sama kegunaannya dengan Gambar A yaitu agar ekor burung tetap terjaga ke elokannya dan tidak rusak karena menempel atau bergesekan dengan jari-jari kandang/sangkar. Tangkringan model seperti Gambar H ini biyasanya untuk burung kicau seperti Anis Merah, atau Anis Kembang dan sejenisnya. 
Gambar I Model tangkringan/ tenggeran burung yang umumnya di gunakan untuk burung yang suka bertengger di tempat sempit seperti burung kicau Pentet/Cendet, Kenari dan Sulingan. 

Semua itu adalah model tangkringan/tenggeran burung kicau yang umum di gunakan oleh Kicau Mania di Indonesia. Sebenarnya masih banyak model tangkringan untuk burung kicau yang kita cintai yang jelas sesuikan dengan karakter burung yang kita pelihara dan sesuai kesukaan/ selera kita mau memodel tangkrinagn/tenggeran untuk burung kicau yang kita miliki.

Tempat Pakan

wadah pakan atau minum burung kicau muari batu anais merah anis kembang kenari cendet kacer poci


Wadah atau tempat pakan dan tempat minum air burung kicau kita sebaiknya menggunakan cawan/wadah yang biyasanya di jual di pasar/toko peralatan burung kicau, atau bisa juga membuat sendiri dengan bahan plastik. Kalau kita mau membuatnya sendiri kita harus teliti dan terjaga kebersihan wadah yang mau kita gunakan, pastiakan bersih dan tidak mengandung bahan kimia yang bisa membunuh burung kicau yang kita sayangi, dan pinggiran wadah usahan jangan tajam yang juga bisa membahayakan burung kicau yang kita pelihara bisa-bisa burung kicau kita bisa cedera saat minum atau makan.

Tempat Mandi

Keramba burung kicau muari batu anais merah anis kembang kenari cendet kacer poci


Tempat mandi untuk burung kita bisa macam-macam yaitu dengan bak karamba dan juga bisa menggunakan cepuk wadah pakan yang ukurannya cukub besar/sedang, Sehingga burung bisa mandi dengan leluasa dan dengan senang di dalam wadah karamba/ cepuk wadah pakan.

Gantungan Sangkar

gantungan sangkar burung kicau muari batu anais merah anis kembang kenari cendet kacer poci


Gantungan sangkar adalah elemen yang penting juga untuk burung kicau kesayangan kita, selain menambah keeleganan sangkar juga bisa menambah keelokan burung kicau kita, Gantungan sangkar juga berfungsi untuk menaruh sangkar dari jangkauan predator burung seperti kucing dan juga tikus. Carilah/Buatlah gantunagan sangkar yang kokoh dan kuat agar tidak mudah copot/lepas dan jebol. Untuk mengujinya bisa di tarik sekuat mukin tapi kekuatan kita yang terukur, kita kira-kira akan seberat apa tarikan berat dari burung dan sangkar burung tersebut. Dari percobaan/pengetesan itu bisa kita ketahui seberapa kuat gantungan untuk sangkar burung kicau yang kita pakai.

Alas Sangkar

Alas Sangkar burung kicau muari batu anais merah anis kembang kenari cendet kacer poci
Gunakan alas sangkar yang berbentuk seperti laci agar mudah di tarik keluar dan memasukannya lagi, dan juga yang ada pengaitnya agar tidak mudah terlepas dari sangkarnya. Dan carilah jeruji bawah burung yang sesuai dengan burung yang kita pelihara, maksudnya besar kecilnya jeruji berpengaruh saat kita membersihkan dasaran kandang apakah jeruji tersebut bisa di buat burung untuk meloloskan diri apa tidak.

Kandang Umbaran

Kandang Umbaran burung kicau muari batu anais merah anis kembang kenari cendet kacer poci
Bila memerlukan kandang umbaran gunakan kandang umbaran minimal panjang dan lebar 1 meter dan maxsimal bisa sampai 2-3 meter tergantung kebutuhan kita dan tempat tigal kita muat atau tidak. Lakukan pengumbaran sesuai porsi yang di butuhkan burung kita/kehendak kita mau berapa lama burung kita, mau kita umbar, umumnya para kicau mania mengumbar selama 1 jam per hari atu seminggu 3 kali. Saat mengumbar tidak perlu menggoda burung agar terbang-terbang tapi biyarkan burung beraktifitas dengan sendirinya.

Sekian Dulu dari Saya
Salam Kicau Mania Se Dunia
Terimakasis Semoga Bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Ciblek - MEMPERSIAPKAN TENGGERAN YANG IDEAL UNTUK BURUNG KICAU - Penangkaran Burung Ciblek

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!