Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cibelk - Cara Merawat Burung - Cara Mengobati Ciblek Yang Sakit - Penangkaran Burung Ciblek

Burung Cibelk - Cara Merawat Burung - Cara Mengobati Ciblek Yang Sakit - Penangkaran Burung Ciblek- Mungkin anda semua pernah meliha ketika suatu hari burung ciblek anda murung, atau bahasa kampung saya yaitu mumuk, nah biasanya ini adalah pertanda jika burung ciblek anda sedang sakit.

Pertanda ini juga bisa dilihat dengan aktivitas ciblek saat disangkar biasanya ia akan mengembangkan semua bulu bulunya seperti burung yang sedang kedinginan karena basah, nah pertanda ini bisa anda jadikan dan bisa pula anda simpulkan pula bahwa ciblek sedang sakit.
Burung Cibelk - Cara Merawat Burung - Cara Mengobati Ciblek Yang Sakit - Penangkaran Burung Ciblek

Sekedar diketahui burung ciblek ini adalah salah satu burung yang memang rentan terkena serangan penyakit jadi jika pola perawatan yang sedikit saja salah maka ciblek akan rentan sakit dan bahkan bisa mati jika tidak diobati.

Nah untuk diketahui bersama berikut penyebab burung ciblek anda sakit:

  • Kesalahan Perawatan

Nah ini adalah hal fatal yang sering dilakukan oleh pemula yang tidak mengenal karakteristik ciblek, saya sewaktu pertama tama memelihara burung ini sempat mati saat 2 minggu setelah saya beli, kesalahan nya pun tidak saya tahu, tetapi dapat saya simpulkan bahwa kesalahan perawatan lah yang membuat ciblek saya ini mati, sebab saya memelihara ciblek ini tidak terlalu saya perhatikan seperti jalak saya, sudah kasih makan maka selesai perkara, begitulah saya dahulu.

  • Kurang Vitamin

Pakan harian saja tidak cukup untuk menghindarkan burung ciblek anda terkena sakit, seperti yang saya sebutkan diatas bahwa burung ini adalah salah satu spesies burung yang mudah sakit tidak seperti burung jalak yang tahan banting, nah oleh sebab itu diperlukan pemberian vitamin (pudin) kepada ciblek secara reguler atau teratur.

  • Kurang Jemur

Burung ciblek yang sakit bisa juga disebabkan karena kurang mendapatkan cahaya matahari yang kita semua tahu sangat baik terutama cahaya matahari pagi, usahakan menjemur ciblek setiap pagi usai memberi makan dan memandikannya.

Catatan: bagi anda yang pemula dalam memelihara ciblek ini usahakan jangan terlalu memaksakan burung ciblek anda makan voer jika ia tidak terbiasa, sebab jika anda paksakan tetapi ia tidak mau makan maka ciblek rentan stress dan penyakit, usahakan memberikan voer secara berkala sampai ia benar benar menyukai voer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cibelk - Cara Merawat Burung - Cara Mengobati Ciblek Yang Sakit - Penangkaran Burung Ciblek

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!