Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Ciblek - Melatih Burung Ciblek Agar Cepat Makan Voer - Penangkaran Burung Ciblek

Burung Ciblek - Melatih Burung Ciblek Agar Cepat Makan Voer - Penangkaran Burung Ciblek - Memelihara burung ciblek atau prenjak dari anakan mungkin bisa dipastikan jika burung sudah mau makan voer ketika dewasa, karena sudah terlatih semenjak masih lolohan piyik. Namun jika kita memelihara
Ciblek atau prenjak dari tangkapan liar pasti burung masih tergantung dengan pakan serangga berupa ulat dan kroto, memang butuh waktu dan pelatihan supaya burung Ciblek atau Prenjak mau makan voer.
Burung Ciblek - Melatih Burung Ciblek Agar Cepat Makan Voer - Penangkaran Burung Ciblek

Melatih dan membiasakan burung dari alam liar untuk mau memakan voer memerlukan trik dan cara yang butuh kesabaran dan telaten, karena kita juga harus menjaga kondisi burung untuk tetap hidup, sehat dan tidak stress di dalam sangkar.

Jika Anda ingin mencoba membuat Ciblek atau Prenjak Anda di rumah mau makan voer kering, Anda bisa mencoba cara di bawah ini mengenai cara agar burung Ciblek mau dilatih memakan voer.

Tips supaya ciblek dan prenjak mau makan voer.

  • Pada hari pertama, letakkan kroto basah pada cepuk pakan agar burung terlatih mengambil pakan dari cepuknya.
  • Kemudian pada hari keduanya, beri voer pada cepuk kemudian letakkan kroto basah di atas voer dan biarkan saja kroto di atas voer jangan diaduk dahulu, biasanya burung akan mengaduk voer jika kroto di atasnya sudah habis.
  • Pada hari ketiganya, masukkan campuran kroto dan voer ke dalam cepuk pakan dan letakkan voer di atas kroto sedikit.
  • Hari ke empat, voer dan kroto diaduk dengan air supaya voer bisa menempel pada kroto sehingga burung bisa merasakan voer dari kroto yang menempel.
  • Hari ke lima, lakukan cara seperti pada hari ke empat akan tetapi porsi kroto dikurangi.
  • Pada hari ke enam, voer murni namun kroto tetap diberikan pada cepuk yang lain.
  • Kemudian pada hari ke tujuh, amati kotoran ciblek apakah sudah berbentuk atau masih cair dan putih seperti ketika hanya makan kroto saja, jika kotoran sudah mulai membentuk dan berwarna seperti voer yang kita berikan artinya burung sudah mau memakan voer murni.
Burung Ciblek - Melatih Burung Ciblek Agar Cepat Makan Voer - Penangkaran Burung Ciblek

Demikian cara melatih burung Ciblek atau Prenjak untuk mau makan voer kering, selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga berhasil. Namun demikian, meskipun burung sudah mau makan voer murni tetapi pakan berupa kroto, jangkrik atau ulat harus tetap rutin kita berikan minimal pagi dan sore saja sebagai ekstra fooding.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Ciblek - Melatih Burung Ciblek Agar Cepat Makan Voer - Penangkaran Burung Ciblek

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!