Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Ciblek - Cara Menjinakkan Burung Ciblek Agar Lulut - Penangkaran Burung Ciblek

Burung Ciblek - Cara Menjinakkan Burung Ciblek Agar Lulut - Penangkaran Burung Ciblek - Cara Menjinakkan Burung Ciblek Termudah - Burung Ciblek memiliki popularitas dan penggemar yang tidak sebanyak burung kicau lain seperti kenari, cucak hijau, lovebird, kacer, murai batu, cendet, atau burung kicau lain. Namun tak banyak yang menyadari bahwa kicauan burung ciblek sesungguhnya sangat indah dan sangat cocok untuk klangenan. Bahkan kontes untuk burung ciblek pun sudah sering diadakan untuk menampung para ciblek mania yang ingin menguji ciblek kesayangannya. Tetapi tahukah anda bagaimana cara menjinakkan burung ciblek? Simak artikel berikut ini sampai akhir.
Burung Ciblek - Cara Menjinakkan Burung Ciblek Agar Lulut - Penangkaran Burung Ciblek

Burung ciblek merupakan burung kicau yang berparuh lurus, sama seperti burung pleci. Karena kesamaannya dengan burung pleci, maka untuk proses penjinakannya pun sama dengan cara menjinakkan burung pleci. Nah setelah membaca artikel-artikel di atas mari kita kembali ke topik awal tentang cara menjinakkan burung ciblek termudah. Berikut ini beberapa langkah untuk cara menjinakkan burung ciblek termudah yang bisa anda lakukan di rumah :


  • Strategi pemberian pakan - Memberikan pakan pada burung ciblek bisa menjadi salah satu cara agar ciblek mudah jinak. Caranya adalah kosongkan makanan di dalam sangkar pada saat menjelang malam dan biarkan sampai pagi hari. Tujuannya adalah agar ciblek kelaparan keesokan harinya. Nah pada saat itulah anda mencoba memberi makan ciblek berupa ulat hongkong putih dengan menggunakan lidi kemudian anda masukkan dalam sangkar. Jika ciblek belum mau makan, tundalah dulu dan lakukan 5-10 menit kemudian, dan begitu seterusnya. Namun jika sampai pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah ulat hongkong di tempat makanan dalam sangkar dan tinggallah. Lakukan itu setiap hari sampai ciblek tidak takut lagi dengan anda. Tujuan dari strategi ini adalah agar ciblek merasa sangat kelaparan sehinga membutuhkan manusia (pemiliknya) untuk mendapatkan makanan. 


  • Menaruh sangkar di tempat yang ramai - Burung ciblek yang liar akan takut dan terbang kesana-kemari saat melihat manusia, dan itu sangat wajar. Untuk menjinakkan ciblek liar, anda bisa menaruh sangkar ciblek di lokasi yang ramai, banyak orang yang lewat (lalu-lalang), ketingian sedang saja tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek yang penting aman dari predator dan pencuri. Hal ini bertujuan agar ciblek terbiasa dengan keramaian dan manusia sehinga mudah jinak. Ini untuk melatih mental ciblek, jadi jangan ragu untuk melakukan ini.



Burung Ciblek - Cara Menjinakkan Burung Ciblek Agar Lulut - Penangkaran Burung Ciblek
  • Dimandikan sampai basah kuyup - Ciblek liar agar selalu kelabakan saat melihat tuannya / manusia, untuk itu anda bisa memandikannya setiap pagi dan sore. Memandikan ciblek liar cukup ekstrem, yaitu dengan memandikan sampai basah kuyup dan kedinginan sampai si ciblek tidak terbang-terbang lagi. Setelah dimandikan biarkan saja sampai bulunya agak kering.  Setelah dimandikan burung biasanya akan merasa lapar, nah saat itulah anda memberikan makanan berupa ulat hongkong dengan tangan anda secara langsung. Jika ciblek sudah mau mengambil UH di tangan anda maka itu menunjukkan proses penjinakan mulai membuahkan hasil. Tetapi jika belum mau, maka anda bisa mencobanya lagi. Yang penting jangan mudah menyerah untuk menjinakkan burung ciblek.

Memang cara-cara di atas terlihat ekstrem dan sadis, tetapi semua itu adalah berdasarkan pengalaman para kicaumania yan telah lama berkecimpung di dunia burung. Jadi jangan sampai anda ragu melakukannya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Ciblek - Cara Menjinakkan Burung Ciblek Agar Lulut - Penangkaran Burung Ciblek

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!