Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Murai Batu - Penangkaran Murai Batu yang Tidak Akan Ada Matinya (Akan Selalu Di Buru) - Penangkaran Burung Murai Batu

Burung Murai Batu - Penangkaran Murai Batu yang Tidak Akan Ada Matinya (Akan Selalu Di Buru) - Penangkaran Burung Murai Batu - Meski saat ini semakin banyak saja orang yang menangkarkan Burung Murai Batu, tetapi prospek ke dapannya tetap bagus. Hal ini disebabkan stok pasokan Burung Murai Batu dari hutan mulai menipis karena terus dikuras, sementara peminat burung kicauan semakin hari semakin banyak saja. Pada saat yang sama, banyak penghobi yang tidak sabar untuk merawat Burung Murai Batuhasil tangkapan hutan karena lama jinaknya, dan karenanya harus menunggu setahun dua tahun untuk menikmati burungnya secara maksimal, apalagi untuk dibawa ke arena lomba.
Burung Murai Batu - Penangkaran Murai Batu yang Tidak Akan Ada Matinya (Akan Selalu Di Buru) - Penangkaran Burung Murai Batu

Sementara anakan Burung Murai Batu hasil penangkaran, selain kita bisa memilih anakan dari indukan-indukan tertentu yang kita suka, entah karena suaranya atau karena posur tubuhnya, juga cepat bunyi. Bahkan ketika masih trotol pun sudah mulai bisa dinaikmari ngriwikannya. Selepas mabung, biasanya Burung Murai Batu hasil tangkaran dengan indukan yang bagus sudah mualai ngerol dan bahkan ada yan sudah siap masuk ke arena lomba.

Untuk penangkar, kondisi ini memamng menguntungkan. Dan sejauh ini, tidak pernah ada cerita anakan Burung Murai Batu harganya jatuh. Minimal bertahan tetapi kecenderungannya naik terus. Apakah dengan banyaknya pnangkaran nanti tidak akan membuat harga Burung Murai Batu jatuh di pasaran? Saya yakin tidak. Sebab, semakin hari semakin banyak orang yang mencari anakan-anakan Burung Murai Batu dai indukan bagus, dan para penangkarpun akan harus berlomba untuk mencari indukan bagus. Artinya, kalau kita sudah bisa menankar dengan indukan yang kualitas "biasa saja", tentu akan terpacu untuk mencari indukan dengan kualitas bagus. Artinya, pemburu Burung Murai Batu hasil tangkaran tidak hanya penghobi tetapi jua penangkar yan sudah mapan atau para penangkar pemula.
Burung Murai Batu - Penangkaran Murai Batu yang Tidak Akan Ada Matinya (Akan Selalu Di Buru) - Penangkaran Burung Murai Batu

Tentu saja, agar kita bisa bertahan menjadi penangkar Burung Murai Batu yang produksinya selalu diburu oleh penghobi, haruslah selalu berusaha untuk meninkatkan kualitas produk. Selain diuayakan melalui pencarian indukan Burung Murai Batu di arena lomba, juga bisa dilakuakan cross antar jenis Burung Murai Batu. Misalnya, Burung Murai Batu ekor panjang untuk berinda dan Burung Murai Batu nias untuk pejantannya. Burung Murai Batu nias terkanal punya tembakan-tembakan yang melengking dan kristal, tetapi kurang disukai juri dari arena lomba karena ekornya hitam semua. Nah dengan mencoba menyilangkannya denggan muari batu jenis lain, diharapkan akan menghasilkan anakan dengan suara kualitas  nias tetapi dengan ada warna putih di ekornya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!