Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Murai Batu - Pemilihan Burung Murai Batu Bakalan Pemilihan yang Cerdas Untuk Burung yang Berpotensi Untuk Kontes Burung - Penangkaran Burung Murai Batu

Burung Murai Batu - Pemilihan Burung Murai Batu Bakalan Pemilihan yang Cerdas Untuk Burung yang Berpotensi Untuk Kontes Burung - Penangkaran Burung Murai Batu - Murai batu bakalan yang berasal dari tangkapan hutan, memang harganya relatif murah dibanding murai batu muda (anakan) hasil dari peternakkan. Sebab murai batu bakalan ini belum makan voer dan biasanya masih giras (tidak jinak)

Namun berhati-hatilah Anda jika ingin membeli murai batu bakalan ini. Karena meskipun harganya murah, tapi bisa jadi bukannya untung malah buntung, karena murai batu yang dibeli tidak berkualitas  bagus, atau bahkan tidak mau bunyi atau bersuara.
Burung Murai Batu - Pemilihan Burung Murai Batu Bakalan Pemilihan yang Cerdas Untuk Burung yang Berpotensi Untuk Kontes Burung - Penangkaran Burung Murai Batu

Begitupun berhati-hatilah Anda dalam merawat murai batu bakalan ini. Banyak orang menyarankan untuk sering dimandikan (dengan cara disemprot/sprey), namun jika berlebihan, burung bisa jadi stress, akibatnya tidak mau makan, dan bisa berujung kematian.

Lalu bagaimana cara memilih bakalan murai batu yang baik? Anda bisa perhatikan cirri-cirinya dengan cara berikut ini :

  • Perhatikan Mata  Burung  Murai Batu Bakalan -Kriteria yang pertama adalah mata murai batu, sebelum membeli murai batu bakalan di sarankan agar Anda memperhatikan mata burung yang hendak Anda beli. Lihat dengan seksama apakah pada mata murai batu bakalan tersebut terdapat selaput pada bola matanya. jika ternyata ada, sebaiknya Anda memilih burung yang lain saja. karena selaput putih pada bola mata merupakan indikasi bahwa burung tersebut terkena katarak, dan dapat berakibat pada kebutaan.
  • Perhatikan Kaki Burung Murai Batu Bakalan-Warna kaki pada burung murai batu juga merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk pemilihan murai batu yang baik, disarankan agar Anda memilih burung murai batu yang berwarna hitam, dipercaya bahwa burung murai batu dengan kaki berwarna hitam memiliki mental yang bagus atau berani. Namun demikian, bukan berarti bahwa murai batu dengan warna lainnya tidak bagus, tentu saja kita juga perlu memperhatikan aspek yang lain. Selain warna kaki yang hitam, warna pada kuku juga dipercaya memiliki pengaruh pada mental si burung. Sebaiknya hindari memilih murai batu yang memiliki kuku kaki belakang (jari kelingking) yang memiliki warna tidak sejenis(biasanya satu nya berwarna putih dan satunya hitam). Karena di percaya bahwa perbedaan pada warna kuku berpengaruh pada mental murai batu bakalan, terkadang hebat tapi juga kadang down. 
  • Perhatikan Ekor Burung Murai Batu Bakalan-Selain mata dan kuku, ternyata ekor murai batu juga merupakan salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam pemilihan murai batu bakalan yang baik. Disarankan supaya memilih burung murai batu yang memiliki ekor rapat namun tidak terlalu tebal, disamping enak untuk dilihat ekor yan tidak terlalu tebal juga akan berpengaruh pada saat murai batu berkicau, karena biasanya pada saat berkicau murai batu kerap kali menggerak-gerakkan ekornya. Disamping ketebalan ekor, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah cabang dari ekor burung murai batu bakalan yang hendak kita beli, sebaiknya hidari burung murai bakalan dengan ekor bercabang atau menggunting, sebab dipercaya bahwa burung batu dengan ciri ekor tersebut kurang sehat dan memiliki mental yang labil. Hindari juga burung murai batu bakalan yang tidak memiliki ekor.. apa ada ya? hehe... ada kok... hal ini perlu dihindari karena kita tidak tahu akan seperti apa bentuk ekornya nanti jika tumbuh ekor. 
  • Perhatikan Bulu Dada  Burung  Murai Batu Bakalan-Pada kebanyakan burung murai batu, warna bulu dadanya adalah kecoklatan atau cenderung coklat, bila Anda menemukan burung murai batu dengan bulu dada yang berwarna Kekuningan(burung murai batu dengan warna bulu dada kekuningan cukup sulit di temukan) maka pilihlah burung tersebut. Karena di percaya burung murai batu dengan warna dada kekuningan memiliki bakat untuk cepat berkicau dan memiliki mental yang bagus. 
  • Perhatikan Usia Burung  Murai Batu Bakalan-Usia juga merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan murai batu bakalan yang baik. Sebaiknya jangan menilai usia burung murai batu hanya dari pengamatan pada kakinya, karena hal ini bisa menipu. Cara yang mudah adalah dengan melihat ke rongga mulutnya, perhatikan pada rongga mulut burung murai bakalan yang hendak di beli. Jika rongga mulut murai batu berwarna cerah atau putih menandakan bahwa murai batu tersebut masih muda. Dan bila rongganya berwarna gelap atau hitam itu bisa jadi indikasi bahwa usia burung murai tersebut cukup tua. Semakin pekat atau gelap rongga mulut burung murai batu adalah indikasi bahwa usia burung tersebut semakin tua. Untuk murai batu bakalan yang masih muda juga memiliki ciri khas pada bulunya yaitu tanda berbintik warna coklat pada bagian sayap dalam dan luar. 

  • Perhatikan Tingkah Burung  Murai Batu Bakalan-Ketika Anda memengan burung murai batu bakalan dan burung tersebut menjerit dan mematuk tangan Anda, maka itu adalah indikasi bahwa burung murai bakalan tersebut pemberani. Burung dengan mental berani dipercaya akan menghasilkan burung yang hebat untuk lomba. Burung murai batu bakalan yang lincah dan memiliki nafsu makan yang besar juga merupakan indikasi bahwa bakalan tersebut memiliki mental yang bagus. 
  • Perhatikan Bentuk Paruh Burung  Murai Batu Bakalan -Bentuk paruh juga merupakan indikasi cara memillih burung murai batu bakalan yang baik, Disarankan agar Anda memilih murai batu bakalan dengan bentuk paruh yang lebar, cukup tebal, besar serta panjang. Pada paruh bagian bawah harus lurus, hindari memilih murai batu bakalan yang memiliki paruh bengkok, karena kurang bagus. Usahakan juga memilih murai batu bakalan yang memiliki lubang hidung sedekat mungkin dengan mata. 
  • Perhatikan Bentuk Kepala  Burung Murai Batu Bakalan-Ternyata bentuk kepala juga cukup berpengaruh dalam pemilihan murai batu bakalan yang baik, sebaiknya pilih burung murai batu bakalan dengan bentuk kepala yang kotak, memiliki mata yang besar dan melotot. Dipercaya bahwa murai batu bakalan dengan ciri ini memiliki mental tempur yang baik, sehingga tidak mudah down pada saat lomba. 
  • Perhatikan Postur Badan Burung  Murai Batu Bakalan - Saat hendak membeli murai batu bakalan sebaiknya pilihlah murai batu dengan postur yang sedang dengan panjang leher, memiliki badan dan ekor serta kaki yang serasi. Dan hindari murai batu bakalan dengan leher yang panjang tapi berbadan pendek. Burung murai batu bakalan yang memiliki leher yang panjang dan berisi dipercaya memiliki power suara yang kuat dan maksimal. 
  • Perhatikan Sayap Burung  Murai Batu Bakalan -Selain postur badan dari murai batu bakalan, ternyata sayap juga cukup berpengaruh dalam dalam pemilihan murai bakalan yang baik. Pilihkan murai bakalan yang memiliki sayap yang mengepit rapat dan kaki yang mencengkram kuat, karena hal ini adalah tanda bahwa burung murai batu bakalan tersebut sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!