Burung Murai Batu - Menganal Sub Spesies Burung Murai Batu Copsychus Malabaricus Melanurus (Black-tailed Shama) - Penangkaran Burung Murai Batu

Burung Murai Batu - Menganal Sub Spesies Burung Murai Batu Copsychus Malabaricus Melanurus (Black-tailed Shama) - Penangkaran Burung Murai Batu - Sub-spesies ini di Indonesia dikenal dengan sebutan Murai Nias atau Murai Batu Nias, karena populasi dan habitatnya kebanyakan ada di P. Nias dan daerah sekitarnya. Burung ini juga ditemukan disebagian wilayah provinsi Aceh. Selain bersuara merdu, burung ini juga tidak terlalu agresif sehingga bagi para hobbies yang ingin mengembang-biakan burung ini, relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis lain yang mempunyai tiga warna. Hewan ini relatif lebih sayang terhadap anak-anaknya, sehingga jarang ditemukan kasus indukan Murai Nias membunuh anaknya sendiri.
Burung Murai Batu - Menganal Sub Spesies Burung Murai Batu Copsychus Malabaricus Melanurus (Black-tailed Shama) - Penangkaran Burung Murai Batu

Berdasarkan hasil observasi di lapangan, burung jenis ini susah sekali ditemukan atau dipelihara oleh para hobies di Indonesia. Hal ini ada berbagai faktor:
  • Faktor Tujuan Kompetisi - Karena sistem penjurian lebih mengedepankan aspek suara dan mental, para hobbies di tanah air, kurang menyukai burung ini karena kurangnya agresifitas pada saat dilombakan, mereka lebih menyukai burung dengan tipe agresif (fighter).
  • Faktor Exodus Perdagangan - Burung jenis ini merupakan burung yang popular dan paling dicari di Malaysia dan Singapura. Karena sistem kompetisi mereka berbeda dengan di Indonesia, minat mereka untuk memiliki sangat tinggi. Hal ini disebabkan burung ini mudah jinak dan bersuara sangat merdu dan variatif, sehingga cocok untuk dijadikan binatang peliharaan dirumah. Hal inilah yang mendorong pedagang dan pengepul burung melakukan ekspor besar-besar ke sana. Harga per ekor untuk ukuran panjang ekor 10cm-20 cm sekitar US$200.00. Bahkan pernah ditemukan ada yang mempunyai panjang ekor 25cm-30 cm, tetapi kualitas suaranya jauh dari yang pertama.
Burung Murai Batu - Menganal Sub Spesies Burung Murai Batu Copsychus Malabaricus Melanurus (Black-tailed Shama) - Penangkaran Burung Murai Batu

Ciri-Ciri Burung Murai Batu Nias - Ciri-Ciri Fisik :

  • Warna ekor hitam polos atau biasa disebut black tail. Berbeda dengan murai batu jenis lainnya yang memiliki sebagian bulu berwarna putih di bagian ekornya.
  • Panjang ekornya antara 17 cm hingga 25 cm, termasuk lebih pendek jika dibandingkan dengan panjang ekor murai batu aceh dan murai batu medan.

Tingkah Laku :

  • Memiliki mental kuat dan termasuk jenis burung yang memiliki mental petarung dan galak.
  • Termasuk jenis burung yang mudah menyesuaikan diri dengan habitat baru.
  • Tidak mudah stres dan terganggu dengan keramaian. Bahkan meskipun di tempat ramai masih dapat berkicau dengan lantang.
  • Hidup berpasangan atau sendiri.

Model Kicauan :

  • Suara kicauannya keras dan melengking, kadang-kadang mengeluarkan suara tembakan-tembakan yang unik.
  • Dapat menirukan suara kicauan burung lain, bahkan yang telah terlatih bisa menirukan suara manusia.

auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings , manfaat gula merah, freshaves, suara cucak ijo, suara c ijo, download suara cucak ijo mp3, laptop, bisnis tanpa modal, peluang bisnis online terbaru, internet broadband, internet access, internet isp, internet line, internet p, email customer service gojek, grabbike car, bank s, web website, bank c, website shop, logo animals, web dengan desain terbaik

0 Response to "Burung Murai Batu - Menganal Sub Spesies Burung Murai Batu Copsychus Malabaricus Melanurus (Black-tailed Shama) - Penangkaran Burung Murai Batu"

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!