Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Murai Batu - Kandang Penangkaran Burung Murai Batu yang Disarankan - Penangkaran Burung Murai Batu

Burung Murai Batu - Kandang Penangkaran Burung Murai Batu yang Disarankan - Penangkaran Burung Murai Batu - Kandang Ternak Murai Batu - Untuk melakukan bisnis dalam beternak murai batu (MB) sobat harus menyediakan tempat atau kandang khusus untuk beternak dan tentunya berbeda dari kandang harian Mb. Kandang untuk ternak bisa anda buat secara ideal sederhana ataupun minimalis dan semua itu tergantung kebutuhan sobat dalam beternak murai batu. Sebelumnya kami telah memberikan informasi kepada sobat mengenai bagaimana kandang harian Murai yang baik dan kali ini kami akan memberikan informasi yang sama mengenai kandang namun sedikit berbeda.

Dalam membuat kandang ternak murai ada beberapa aspek yang harus di perhatikan guna menjadikan sobat seorang peternak yang benar benar prefesional. Seperti  mempersiapkan tempat untuk kandang, ukuran kandang, kenyamanan dan keamanan kandang dan lain sebagainya. usaha beternak murai batu memang suatu usaha yang sangat menjanjikan, bagaimana tidak? Untuk satu Harga murai batu medan jantan  berumur 1 bulan ( dari hasil ternak)  mencapai Rp 2.500.000,- suatu harga yang tidak sedikit tentunya. Baca Daftar Harga Murai Batu Terbaru
Kandang Ternak Murai Batu Ideal dan Sederhana

Namun dalam beternak murai tidak semudah yang kita bayangkan karena perlu sobat tahu Mb adalah burung yang gampang sekali stress, oleh sebab itu sobat harus memahaminya secara detail dan menyeluruh dan tentunya dengan memperhatikan tempat dan kualitas kandang ternak. Kemudian untuk membuat kandang ternak yang ideal dan sederhana kami akan memberikan beberapa tips untuk sobat, agar kandang ternak murai batu sobat yang akan di buat seperti yang sobat inginkan, berikut tips dan persiapan yang harus di lakukan,


Tips Kandang Ternak Murai Batu Ideal dan Sederhana 
Sediakan Tempat yang nyaman - Jelas dan sudah saya katakan berulang kali dalam artikel artikel sebelumnya bahwa dalam membuat kandang untuk beternak Mb yang pertama harus di lakukan adalah dengan memilih tempat yang nyaman. Yang nyaman ini dalam artian mencari tempat yang jauh dari kebisingan dan keramaian seperti di area pabrik atau di depan jalan raya dan bahkan pasar. Karena Mb butuh ketenangan saat bereproduksi agar dapat berkosentrasi dan jauh dari kata stress sehingga anda di wajibkan untuk meminimalisir suara kebisingan tersebut.

Tidak hanya beternak apabila sobat ingin memaster Murai batu agar gacor dibutuhkan juga tempat yang sangat nyaman agar murai bisa focus dan mendapatakan gacoran yang sangat lantang. Dan tentunya tempat yang nyaman akan jauh dari kata burung menjadi stress.

Burung Murai Batu - Kandang Penangkaran Burung Murai Batu yang Disarankan - Penangkaran Burung Murai Batu

Ukuran Kandang - Kemudian dalam membuat kandang ternak murai batu sobat harus memperhatikan ukuran kandang, tentunya ini sangat penting untuk di lakukan. Bagi anda yang memiliki tempat yang luas ada baiknya untuk membuat kandang yang bersusun dan sangat ideal, cara ini juga sangat berguna untuk sobat yang memiliki tempat sempit.

Ukuran kandang sangat bervariasi tergantung kebutuhan sobat dalam beternak dan sesuai lahan yang akan sobat buat untuk kandang, semakin besar kandang yang dibuat maka semakin bagus juga kualitas kandang ternak murai batu tersebut. untuk ukuran kandang ternak minimalis berukuran panjang 90 cm lebar 90 cm dan tinggi 1 meter. Atau bisa juga menggunakan ukuran kandang ternak yang lebih besar yang memiliki tinggi 4 meter lebar 3 meter dan panjang 3 meter namun apabila sobat tidak memiliki lahan yang cukup luas, sobat bisa membuat kandang yang minimalis dengan ukuran tersebut.

Bahan Untuk Membuat Kandang - Selanjutnya dalam membuat kandang sobat bisa menggunakan bahan bahan seperti kandang lainnya seperti kayu, bambu, kawat dan di kombinasi dengan tembok atau batako. Buatlah kandag dari bahan yang diatas yang kemudian di tempel pada tembok atau dinding batako tersebut. kemudian untuk atapnya sobat bisa menggunakan genteng atau asbes dan sebaiknya hindari atap kandang yang terbuat dari seng sebab pada saat siang hari akan terasa sangat panas dan saat musim hujan akan sangat berisik sehingga dapat mengganggu kenyamanan burung murai.

Dan apabila kandang ternak murai batu di buat didalam rumah maka atap tidak di perlukan, dan untuk dasar kandang atau alas kandang sobat bisa langsung menggunakan dasar tanah, kandang langsung menempel pada tanah. Atau bisa juga menggunakan kawat Ram, lantai semen, kemudian menggunakan pasir yang bersih. Semua tergantung sobat mau menggunakan dasar kandang yang mana yang terpenting kandang tetap terjaga dan jauh dari kelembapan serta kotoran murai yang menumpuk.

Desain Kandang - Dan kemudian mendesain kandang sesuai kebutuhan. Umumnya dalam pembuatan kandang para peternak prefosional menggunakan 2 pintu di setiap kandangnya yang di tempatkan di bawah dan di atas kandang ternak murai batu. Pintu tersebut di desain untuk mebersihkan kotoran burung dan mengganti pakan burung.  Pintu bawah untuk membersihkan kandang dan pintu yang diatas untuk mengganti pakan.


Kenyamanan serta keamanan Kandang - Dan selanjutnya tak kala pentinya adalah dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan kandang tersebut. buat kandang yang terbebas dari binatang buas yang mengganggu aktifitas burung atau dari para tangan pencuri sehingga dapat membuat murai dalam posisi aman dan terbebas dari segala macam bahaya.

Dan kenyamanan tentunya sangat diperlukan guna burung merasa berada di habitat aslinya dan benar benar merasa layak untuk mereka berkembang biak. Dan untuk sobat yang berada di daerah yang dingin sebaiknya berikan lampu bohlam di dalam kandang ternak murai batu tersebut, berukuran 5 – 10 watt atau lebih agar burung murai tetap merasa hangat ketika malam hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Murai Batu - Kandang Penangkaran Burung Murai Batu yang Disarankan - Penangkaran Burung Murai Batu

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!