Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Ciblek - Penyebaran Burung Ciblek dan Kebiasaan Burung Ciblek Dialam Liarnya - Penangkaran Burung Ciblek

Burung Ciblek - Penyebaran Burung Ciblek dan Kebiasaan Burung Ciblek Dialam Liarnya - Penangkaran Burung Ciblek - Burung Ciblek termasuk burung yang ramai dan lincah, yang sering ditemuai di tepat terbuka atau dartah bersemak di taman, pekarangan, tepi sawah, hutan sekunder, hingga ke hutan bakau. Juga karap teramati di perkebunan teh. Dua atau tiga ekor, atau lebih, karap terlihat berkejaran sementara mencari makan di antara semak-semak, sambil berbunyi-bunyi keras cwuit-cwuit-cwuit. ciblek-ciblek-ciblek-ciblek.! Ekor yang tipis digerakkan ke aras saar berkicau.
Burung Ciblek - Penyebaran Burung Ciblek dan Kebiasaan Burung Ciblek Dialam Liarnya - Penangkaran Burung Ciblek

Mencari mangsanya yang berupa aneka serangga dan ulat, Burung Ciblek berburu mulau dari permukaan tananah hingga tajuk pepohonan. Burung Ciblek ini membuat sarangnya di rerumputan atau semak-semak hingga ketinggian sekitar 1,5m di atas tanah. Sarang berbentuk bulat kecil dianyam dari rerumputan dan serat tumbuhan.

Burung Ciblek adalah burung endemik (menyebar terbatas) di wilayah Sumatra, Jawa dan Bali. Di Sumatra tidak jarang sampai ketinggian 900 , dpl, sedangkan di Jawa dan Bali umumnya sampai ketinggian 1,500 m dpl.
Burung Ciblek - Penyebaran Burung Ciblek dan Kebiasaan Burung Ciblek Dialam Liarnya - Penangkaran Burung Ciblek

Daerah sawah, kebun, ladang, pinggiran hutan dan disekitar rumah penduduk, dari dataran rendah hingga pada ketinggian 100m dpl sangat mungkin dijumpai Burung Ciblek. Musim berkembangbiaknya tidak pasti, akan tetapi pada umumnya mereka berkembang biak pada saatmenjelang musim hujan denga jumlah telur yang dihasilkan antara 2 sampai dengan  butir. Makanan alami yang palung disukai Burung Ciblek adalah serangga, seperti ulat daun, rayap, telur kupu-kupu, telur semut dan jenis seranga lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Ciblek - Penyebaran Burung Ciblek dan Kebiasaan Burung Ciblek Dialam Liarnya - Penangkaran Burung Ciblek

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!