Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Ciblek - Ancaman Burung Ciblek yang Hampir Punah dan Konservasi Burung Ciblek - Penangkaran Burung Ciblek

Burung Ciblek -  Ancaman Burung Ciblek yang Hampir Punah dan Konservasi Burung Ciblek -  Penangkaran Burung Ciblek - Sebelum tahun 1990-an, burun ini boleh dibilang tidak memiliki ekonomi, sehingga banyak dibiarkan bebes dan meliar sepertihalnya burung gereja dan burung pipit. Sifatnya yang mudah beradaptasi dan tidak takut pada manusia menyebabkan populasi bueung ini cukup tinggi pada wilayah-wilayah yang sesuai.
Burung Ciblek -  Ancaman Burung Ciblek yang Hampir Punah dan Konservasi Burung Ciblek -  Penangkaran Burung Ciblek

Setelah tahun-tahun itu, Burung Ciblek ini mulai banyak diburu oleh orang untuk diperdagangkan terutama di Jawa. Apalagi Burung Ciblek ini mudah dijumpai di wilayah perkebunan dan memiliki keistimewaan mudah jinak. Sifat jinaknya membuat Burung Ciblek ini mudah di tangkap dengan cara dipikat yaitu memakai bantuan cermin di dalam sangkar. Burung yang tertarik dengan bayangannya sendiri akan terjebak di dalam sangkar.

Cara lain aadalah dengan memasang jerat di sekitarnya, atau dengan perangkap getah (pilut) pada tempat-tempat tidurnya di waktu malam. Para penangkap Burung Ciblek yang terampil, bahkan, kerap hanya bermodalkan senter, kehati-hatian dan kecepatan tangan menangkap burung yang tidur di malam hari.

Sayang sekali Burung Ciblek ini mudah stres dan mati dalam pemeliharaan, terutama apabila yang ditangkap adalah burung dewasa. Belum lagi jika pemeliharaannya tidak berpenalaman. Namun ini agaknya tidak menyurutkan minat para penangkap Burung Ciblek untuk terus memburungnya. Sampai sekaran Burung Ciblek ini masih sulit untuk dibiakkan. Sejak tahun 2010, salah seoran penhobi burung pekicau Iwan Lippo Cikarang berhasil emanangkarkan Burung Ciblek.
Burung Ciblek -  Ancaman Burung Ciblek yang Hampir Punah dan Konservasi Burung Ciblek -  Penangkaran Burung Ciblek

Ekaploitasi yang berlebihan sangat berbahaya bagi populasi Burung Ciblek. Diwilayah-wilayah tertentu seperti dipinggiran Jagarta dan Boggor, kini seolah"kehabisan stok padahal sebelum tahun90-an burung ini masih melimpah. Prenjak jawa semakni jaran terlihat di taman-taman, dan hadir terbatas di tempat-tempat tertentu yang masih dekat hutan.

Dalam pemeliharaan biasanya Burung Ciblek ini sering di beri makan berupa kroto (tempayak dan anak semut ranrang), ulat hongkong, serta pelet (voer).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Ciblek - Ancaman Burung Ciblek yang Hampir Punah dan Konservasi Burung Ciblek - Penangkaran Burung Ciblek

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!