Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Memilih Bakalan Burung Cendet Yang Berkualitas Jawara - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Memilih Bakalan Burung Cendet Yang Berkualitas Jawara - Penangkaran Burung Cendet - Burung Cendet/pentet merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara yang keras, variatif, serta postur dan penampilannya yang indag. Meski tak sepopuler kenari atau cucak hijau, tetapi penggemar burung centet juga cukup banyak. Cendet jawara tentunya lahir dari keturunan yang jawara pula, atau setidaknya memiliki trah/gen dari cendet yang berkualitas bagus. Selain keturunan/gen, cendet jawara juga harus dirawat dengan baik dan benar.
Burung Cendet - Memilih Bakalan Burung Cendet Yang Berkualitas Jawara - Penangkaran Burung Cendet

Khusus untuk cendet, antara jantan dan betina bisa menjadi jawara. Artinya baik cendet jantan maupun betina memiliki kemampuan berkicau yang baik, tetapi cendet jantan lebih ungul dalam volume suara yang lebih keras, variasi kicauan, serta penampilannya lebih menawan. Nah bagi anda yang belum sempat membaca artikel tentang ciri-ciri burung cendet jantan dan betina, silakan anda baca di sini. Pada dasarnya, untuk memilih bakalan cendet yang berkualitas bagus tidaklah berbeda jauh dari memiliih bakalan burung kicau lainnya. Misalnya ciri-ciri bakalan cucak hijau yang berkualitas bagus, ciri-ciri bakalan kenari yang berkualitas bagus, atau ciri-ciri bakalan pleci yang berkualitas bagus. Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai ciri-ciri bakalan cendet yang berkualitas bagus. Simak artikel ini baik-baik sampai akhir agar tidak bingung. Berikut ini adalah ciri-ciri bakalan cendet yang berkualitas bagus :

  • Cendet/pentet harus berkelamin jantan. Tetapi ada juga cendet betina yang bisa jadi jawara. Jadi jangan terlalu terpaku dengan jenis kelamin.
  • Memiliki tubuh yang panjang dan serasi, baik leher, badan, ekor, maupun kakinya.
  • Matanya besar dan terlihat melotot.
  • Berkepala besar.
  • Lincah dan gesit.
  • Memiliki paruh yang berpangkal lurus, lebar, panjang, besar, dan tebal.
  • Lubang hidung sangat dekat dengan mata.
  • Sayap yang mengepit.
  • Cengkeramannya kuat.
  • Nafsu makan tinggi.
  • Leher yang panjang dan padat, karena itu indikasi mampu mengeluarkan suara dengan maksimal.
  • Sering berkicau / bersuara.
Burung Cendet - Memilih Bakalan Burung Cendet Yang Berkualitas Jawara - Penangkaran Burung Cendet


Sekali lagi, untuk cendet jantan dan betina sebenarnya keduanya bisa menjadi jawara. Karena banyak lomba cendet yang telah diadakan justru memunculkan cendet betina sebagai jawara. Kesimpulannya adalah selain kita memilih bakalan cendet yang bagus, kita juga harus merawat dan memeliharanya dengan baik dan benar, termasuk pemberian pakan yang berkualitas bagus. Mustahil burung cendet bakalan yang bagus akan menjadi jawara jika tidak dirawat dengan baik. Semua saling berkaitan untuk membentuk cendet jawara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cendet - Memilih Bakalan Burung Cendet Yang Berkualitas Jawara - Penangkaran Burung Cendet

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!