Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Burung Cendet yang Membisu Tidak Gacor dan Solusinya Cara Mengatasinya - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Burung Cendet yang Membisu Tidak Gacor dan Solusinya Cara Mengatasinya - Penangkaran Burung Cendet - Agan-agan Cendet Jatim Mania mungkin sudah kerap mengalami atau mendengar keluhan para CJM lainnya yang mempermasalahkan Cendet kesayangannya tiba-tiba macet, tidak mau bunyi atau membisu. Padahal agan-agan telah menggunakan pola perawatan yang telah Cendet Jatim bagikan di blog ini, selain itu agan-agan mungkin juga sudah menggunakan formula lain juga agar burung stabil terus berkicau. Kali ini secara masif saya ingin mengutarakan penyebab dan solusi Cendet yang tiba tiba diam.

Cendet yang baru anda beli dari teman atau dari pasar setelah 2 atau 3 hari tiba-tiba tidak mau ngoceh, mungkin burung sedang beradaptasi dengan lingkungan baru, perawat baru dan pola perawatan yang baru juga. Solusinya adalah mengisolasi cendet yang baru dibeli tersebut dengan cara di kerodong, pola makanan dijaga seperti sediakala, burung jangan dipertemukan dengan burung sejenis. Setelah di kerodong selama 3 hari, kemudian burung di buka kerodongnya dipagi hari - dimandikan dan dijemur. Lihat hasilnya...
Burung Cendet - Burung Cendet yang Membisu Tidak Gacor dan Solusinya Cara Mengatasinya - Penangkaran Burung Cendet

Cendet yang hariannya terus gacor dengan pola perawatan harian yang terjaga tiba-tiba macet menjelang pergantian musim seperti peralihan musim kemarau menjadi musim hujan atau sebaliknya mungkin sedang mengalami yang namanya down birahi atau ngedrop, jika tidak demikian, bisa jadi burung akan mengalami pergantian bulu baru atau istilahnya adalah ngurak/moulting. Solusinya adalah burung di kerodong dan di naikkan porsi makannya, beri kroto 1 sendok. lihat esok harinya, jika burung akan ngurak pasti akan tampak adanya bulu yang rontok barang beberapa helai.

Cendet yang memiliki mental lemah setelah dilatberkan atau dipertemukan dengan burung cendet lainnya bisa mengalami down mental, hal ini juga dapat mengakibatkan burung macet atau membisu. Solusinya adalah mandikan burung agar bisa melupakan pertarungan di latber, kemudian upgrade EF, beri jangkrik dan kroto  yang cukup, kembalikan ke setelan harian setelah burung kembali berkicau. Selain itu burung sebaiknya juga di  kerodong.
Burung Cendet - Burung Cendet yang Membisu Tidak Gacor dan Solusinya Cara Mengatasinya - Penangkaran Burung Cendet

Tidak hanya itu, ternyata burung cendet yang takut akan sesuatu benda atau takut perjalanan juga bisa stress dan membisu, solusinya adalah burung dikerodong sampai bunyi, jemur dengan kerodongnya dan jangan dipertemukan dengan cendet lainnya. tingkatkan EF dari setingan biasanya, bahkan untuk meningkatkan mental tarung burung cendet, anda pun bisa memberikan burung untulan hidup ke dalam sangkar cendet, agar burung cendet merasa menjadi penguasa sangkar sejati. dan burung kembali berkicau.

Masih banyak analisa yang perlu kita lakukan agar burung cendet menjadi pengicau yang handal. apa yang saya tulis diatas belumlah seberapa, semoga bermanfaat sebagai catatan kecil Cendet Mania dari Jawa Timur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cendet - Burung Cendet yang Membisu Tidak Gacor dan Solusinya Cara Mengatasinya - Penangkaran Burung Cendet

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!