Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Permasalahan Burung Lovebird yang Tidak Mua Jodoh dan Cara Menanganinya - Penangkaran Burung Lovebird

Burung Lovebird - Permasalahan Burung Lovebird yang Tidak Mua Jodoh - Penangkaran Burung Lovebird - Tidak ada usaha yang selamanya terus-terusan lancar. Setiap usaha pasti ada masalah yang menghadang, tidak tanggung-tanggung besar atau kecil masalah tersebut. Bagitu pula usaha penangkaran Burung Lovebird - Penyuapan Hand Feeding (Waktu Ideal Meloloh Burung Lovebird) - Penangkaran Burung Lovebird, adakalanya juga dihanggapi masalah dan kendala. ada beberapa kendala yang sering dihadapai oleh para penangkaran Burung Lovebird, diantaranya :

Burung Lovebird - Permasalahan Burung Lovebird yang Tidak Mua Jodoh dan Cara Menanganinya - Penangkaran Burung Lovebird

Tidak Mau Jodoh - Ada beberapa kalanya burung yang dipasangkan tidak mau jodoh, bahkan bisa jadi justru terjadi perkelahian diantara keduanya. Tentu hal ini sangat menjengkelkan bagi para penangkar, apalagi bagi penangkar pemula yang baru mencoba menangkarkan dengan jumlah sepasang. Burung Lovebird yang yang tidak mau jodoj bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya :


  • Sebelumnya sudah memiliki pasangan yang cocok
  • Keduanya berjenis kelamin sama
  • Belum memasuki masa berahi atau bisa juga terlalu tua
  • Situasi atau lingkungan yang kurang mendukung\

Beberapa Langkah yang Bisa Dilakukan Ketika Burung Lovebird Anda Tidak Jodoh :

Burung Lovebird - Permasalahan Burung Lovebird yang Tidak Mua Jodoh dan Cara Menanganinya - Penangkaran Burung Lovebird
  • Pisahkan dulu lovebird yang terlihat dominan untuk sementara waktu. Ini sangat diharuskan, jika burung lain terlihat stres. Dengan demikian, ada kesempatan bagi burung lain untuk lebih dewasa atau berpengalaman jika dijodohkan lagi dengan calon pasangan yang baru.
  • Jangan mengeluarkan burung yang terintimidasi dari kandangnya. Dengan tetap memelihara burung terintimasi di kandang, maka ada kesempatan baginya untuk menjadi penguasa baru di kandang tersebut. Ini bisa mendongkrak mentalnya, jika lovebird yang agresif kelak akan dijodohkan kembali dan dimasukkan ke kandang tersebut.
  • Dalam kasus di atas, yaitu penjodohan ulang dengan dua induk yang pernah berjodoh, semua harus dimulai dari awal lagi. Artinya, mulai dari proses menempelkan sangkar sang agresor ke kandang burung yang terintimidasi.
  • Seperti yang saya sebut di atas. untuk menghilangkan kejenuhan, berikan mainan untuk lovebird. Sekarang sudah banyak dijual aneka perabotan dan mainan untuk burung paruh bengkok.Mengeluarkan salah satu dari mereka untuk main di luar kandang penangkaran, misalnya 1-3 kali seminggu, agar mereka bisa memperoleh suasana baru.
  • Sediakan tanaman rimbun dan bercabang dalam kandang penangkaran, agar lovebird bisa memiliki waktu untuk sendiri (privasi) tanpa terlihat oleh pasangannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!