Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Perhatikan Burung Lovebird anda Untuk Burung Lovebird yang Sehat dan Berumur Panjang - Penangkaran Burung Lovebird

Burung Lovebird - Perhatikan Burung Lovebird anda Untuk Burung Lovebird yang Sehat dan Berumur Panjang - Penangkaran Burung Lovebird - Kesehatan Burung Lovebird harus diperhatikan secara saksama oleh pemilik Burung Lovebird. Sudah kita ketahui bersama bahwa perawatan dan perhatian yang tepat akan meminimalisasi terserangnya burung oleh suatu penyakit. Berikut adalah hal-hal yang perlu mendapat perhatian khusus agar burung terhinfer dari penyakit.

Selalu Perhatikan Kebersihan Kandang/Sangkar Burung Lovebird - Ada baiknya kandang atau sangkar burung dibersihkan secara rutin setiap pagi. Alas sangkar/lantau kandang yang kotor disikat dan dicuci bersih dengan detergen, kemudian dijemur sekitar 15-30 menit di bawa terik matahari. Agar lebih baik dan aman, semua benda kandang burung/sangkar burung disemprot menggunakan disinfektan dengan dosis yang tepat. Disinfektan berungsi membunuh bakteri, kuman penyakit, parsit, jamur, kutu dan virus yang merugikan.
Burung Lovebird - Perhatikan Burung Lovebird anda Untuk Burung Lovebird yang Sehat dan Berumur Panjang - Penangkaran Burung Lovebird

Jemur Minimal 15 Menit Setiap Pagi - Penjemuran burung dilakukan secara rutin dan konsisten. Burung dijemur minimal 15 menit setiap pagi. Waktu penjemuran burung terbaik mulai jam 07.00-10.00, kehangatan pagi dan sinar ultraviolet dari penjemuran tersebut sangat membantu tubuh burung untuk mengekstrak provitamin D3 yang ada di tubuh burung menjadi Vitamin D3. Sinar ultraviolet, Alpha, Gamma, Beta, Theta dan lainnya sangat diperlukan tubuh burung untuk membentuk dan memproduksi hormon-hormon vital. Contoh hormon vital tersebut adalah hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi.Disamping sebagai kebutuhan dasar biologis dan kebutuhan fisik, penjemuran juga berdampak besar terhadap prikologis burung.

Berikan Makanan yang Tempat dan Berkualitas Baik - Salah satu sumber penyakit pada semua makhluk hidup adalah makanan yang dikonsumsi. Berikan makanan dengan kandungan lengkap yang sudah teruji cocok untuk Burung Lovebird. Cocok bukan berarti burung suka dan melahap habis makanan yang diberikan. Maksudnya adalah cocok dengan sistem metabolisme burung dan kandungan dari makanan tersebut memenuhi semua kebutuhaan burung. Selalu lakukan evaluiasi dan pengamatan secara langsung setiap selesai memberikan makanana kepada burung. Jangan pernah berekperimen terhadap makana  burung apabila belum paham fisiologi Burung Lovebird.

Berika Suplemen Berkualitas Baik Secara Rutin - Berikan vitamin dan mineral yang sedang diramu dan diracik khusus untuk burung. Pergunakan secara rutin dan terjadwal, takaran pemberian sesuai dosis dan selalu perhatian tata cara penggunaannya. Suplemen (vitamin dan mineral) sangat dibutuhkan tubuh burung dalam masa pertumbuhan sakit, masa burung mabung, bertelur, meningkatkan daya tahan tubuh di musim panca roba dan lain-lain

Hindari Burung Jadi Stres - Stres pada burung dapat mengganggu semua sistem yang ada di tubuh burung. Banyak hal yang dapat menyebabkan burung menjadi stres, antara lain penempatan burung yang tepat ketenangan dan kenyamanan burung terganggu situasi lingkungan burung, dan lain-lain.

Pengobatan yang Tepat Sesuai Penyakit Butung - Jangan takut dan panik apabila burung telanjur jatuh sakit atau terjangkit penyakit. Tempatkan burung yang sakit di tempat yang hangat dan bebas dari angin yang menerpa secar langsung. Kenali dan diahnisis penyakit burung tersebut untuk memudahkan pemberian obat yang cocok. Segera konsultasikan penyakit burung kepada ahli penyakit burung kepada ahli penyakit burung supaya mendapatkan rekomendasi obat yang cocok. Penggunanan obat antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan efekresistan di tubuh burung. Jangan pernah bereksperimen dengan obat, apabila tidak paham betul tentang kandungan obat dan efeknya terhadap burung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!