Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Pemilihan Indukan Burung Lovebird Yang Harus Teliti - Penangkaran Burung Lovebird

Burung Lovebird - Pemilihan Indukan Burung Lovebird Yang Harus Teliti - Penangkaran Burung Lovebird - Calon pembudidaya Burung Lovebird memerlukan banyak pertimbangan untuk memilih indukan Burung Lovebird yang akan ditangkarkan. Pasalnya, indukan yang dipilih harus dipastikan mampunyai kualitas yang bagus agar anak-anaknya kelak juga mempunyai kualitas serupa seperti induknya, Memilih calion indukan Burung Lovebirdmemerlukan beberpa kejelian dan penatahuan dasar. Pengatahuan mengenai inudkan baik akan meminimalisir terjadinya penipuan yan dilakuan oleh penjual. Selain itu, mencari informasi kepada pehobi Burung Lovebird yang sudah berpengalaman adalah tips yang sangat disarankan untuk para calon pembudidayanya lovebird.
Burung Lovebird - Pemilihan Indukan Burung Lovebird Yang Harus Teliti - Penangkaran Burung Lovebird

Burung Lovebird sudah mulai bertelur setelah memasuki usia 7-8 bulan. Akan tetapi, usia tersebut kurang baik untuk produktivitas Burung Lovebird. Pada usia 7-8 bulan, Burung Lovebird belum benar-benar matang untuk bereproduksi sehingga sering terjadi kegagalan dalam penetasan. Kalaupun berhasil menetas, kemungkinananya sangat kecil dan kualitas Burung Lovebird yang dihasilkan bisanya kurang bagus, Jangan pula memilih Burung Lovebird yang berumur lebih dari tiga tahun. Burung Lovebird yang sudah berumur di atas 3 tahuan biasanya sudah tidak terlalu produktif. Untuk usia yang bagus adalah usia 1 tahuan. Pada usia tersebut Burung Lovebird benar-benar sudah diap untuk bereproduksi.
Burung Lovebird - Pemilihan Indukan Burung Lovebird Yang Harus Teliti - Penangkaran Burung Lovebird

Pada dasarnya, ciri-ciri indukan yang hampir mirip dengan ciri-ciri Burung Lovebird yang berkualitas yang telah kita bahas pada bagian sebelumya. namun, pemilihan idukan lebih mengarah kepada faktor keberhasilan dalam membuahkan kerurunan. Berikut adalah hal-hal penting yang dapat dijadikan rujukan ketika memilih calon indukan Burung Lovebird yang akan ditangkarkan.


  • Pilihlah Burung Lovebird yang sehat dan tidak cacat sebagai calon indukan jantan dan betina
  • Seperti telah dijelaskan diatas, pilihlah indukan yang berumur sekitar  tahun
  • Memilih Burung Lovebird yang sehat dapat dilakuakan dengan mengamati kecerahan bulu. Bulu yang cerah dan kering menadakan terpenuhi gizi yang cukup pada burung tersebut
  • Cermati mata Burung Lovebird yang akan dipilih. Pilihlah Burung Lovebird yang memiliki mata tubuh yang padat berisi
  • Pelu dipertimbangkan juga untuk memilih Burung Lovebird yang memiliki volume suara keras, kasar, dan panjang
  • Gerakan yang lincah adalah indukan Burung Lovebird yang sehat
Untuk mendapatkan kriteria seperti diatas, sebaiknya kita langsusng membeli dari petenak yang sudah kita kenal. Burung hasil tangkaran jauh lebih baik daripada hasil tangkapan alam karena burung liar seringkali membawa suatu penyakit. Burung Lovebirdhasil tangkapan alam juga seringkali merasa stres karena mereka merasa keholangan hubungan dengan pasangan atau kawanannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Lovebird - Pemilihan Indukan Burung Lovebird Yang Harus Teliti - Penangkaran Burung Lovebird

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!