Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Hand Feeding Burung Lovebird Yang Membuat Burung Lovebird Jinak- Penangkaran Burung Lovebird Dengan Hand Feeding

Burung Lovebird - Hand Feeding Burung Lovebird Yang Membuat Burung Lovebird Jinak- Penangkaran Burung Lovebird Dengan Hand Feeding - Anakan burung Lovebird yang dipisahkan dengan indukannya perlu dilakukan proses hand feeding. Hand feeding adalah memberikan makanan ke pada anakan Burung Lovebirddengan bantuan tangan manusia. Dengan hand feeding akan diperolrh burung yang jinak dan lebih mudah dalam pemeliharaan. Tiap penangkar memiliki cara dan aturan tersendiri dalam melakukan hand feeding. Hand feeding biasa dilakukan terhadap Burung Lovebird yang telah berusia 2 minggu. Kondisi fisik anakan Burung Lovebird pada umur tersebut biasanya cukup kuat karena telah memiliki asupan nutrisi dan imunisasi dari indukan. Ada beberapa aturan yang harus dilakukan dalam hand feeding, di antaranya adalah :
Burung Lovebird - Hand Feeding Burung Lovebird Yang Membuat Burung Lovebird Jinak- Penangkaran Burung Lovebird Dengan Hand Feeding


  • Ketersediaan Waktu Untuk Melakukan Hand Feeding - Pastikan anda memiliki waktu yang luang pada jam-jam tertentu ketika melakukan hand feeding. Waktu untuk melakukan hand feeding harus konsisten waktunya. Oleh sebab itu, waktu yang Anda luangkan untuk hand feeding juga harus konsisten
  • Modal Kesabaran yang Tinggi - Merawat anak-anak burung memerlukan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Butuh kelembutan dan perhatian ketika sedang hand feeding. Melakukan hend feeding bukan pekerjaan yang ringan seperti yang terlihat. Akan tetapi, dengan berjalannya waktu, pengalaman semakin bertambah dan berbagai kendali yangg datangg pasti akan semakin mudah diatasi.
  • Modal Pengalaman Awal - Pengalaman awal mengenai hand feeding sangat diperlukan bagi penangkar. Pengalaman awal dapat berupa pembelajaran dari referensi buku, vidio, atau pengamatan langsung. Jika setelah belajar belum begitu menguasai, ada baiknya ketika melakuakan hand feeding awal, perlu didampingi orang yang sudah berpengalaman
Peralatan Hand Feeding - Sebelum memulai hand feeding, hal harus dipersiapkan adalah peralaan yang digunakan. Alat-alat yang dihunakan dalam heand feedin cukup sederhana. Peralatan hand feeding mudah didapat di pasaran. Ada yang bisa langsung dibeli, ada juga yang mesti dibuat sendiri. Alat-alat yang mutlak dibutuhkan dalam hand feeding adalah :
Burung Lovebird - Hand Feeding Burung Lovebird Yang Membuat Burung Lovebird Jinak- Penangkaran Burung Lovebird Dengan Hand Feeding

  • Alat Suntik - Alat ini digunakan sebagai pengganti tembolok induk. Fungsinya sebagai penyimpanan bahan makanan yang akan disuapkan kepada anakan-anakan Burung Lovebird. Gunakan ukuran 10 ml untuk mendapatkan hasil yang pas untuk ukuran tembolok anakan Burung Lovebird. 
  • Karet Angin - Karet angin berguna untuk menyalurkan adonana dari tabung jarum ke tembolok anakan Burung Lovebird. Sifatnya yang kenyal dan lentur, membuat karet angin tidak berbahaya masuk ke dalam kerongkongan anakan Burung Lovebird.
  • Sendok Plastik - Sendok dibutuhkan untuk mencampur dan mengaduk adonan yang akan diberikan kepada anakan-anakan Burung Lovebird.
  • Termometer - Anakan Burung Lovebird membutuhkan asupan makanan dalam suhu tersentu. Termometer dapat digunakan untuk mengukur suhu adonan yang akan disuapkan kepada anakan Burung Lovebird. Beberapa penangkaran mengandalkan sentuhan tangan untuk mengukur suhu adonana, tetapi lebih baik menggunakan termometer. Suhu adonan yang terlalu panas dapat membakar kerongkongan dan tembolok anakan Burung Lovebird.

Burung Lovebird - Hand Feeding Burung Lovebird Yang Membuat Burung Lovebird Jinak- Penangkaran Burung Lovebird Dengan Hand Feeding
  • Mangkuk Kecil - Mangkuk berguna untuk mencampur adonan. Gunakan ukuran mangkuk kecil sesuai dengan kualitas adonan yang akan dibuat. Lebih baik membuat satu kali pakai adonan yang di simpan akan berpotensi busuk dan tak layak di berikan kepada anakan Burung Lovebird.
  • Kertas Tisu - Kaetas tisu dibutuhkan sebagai alas tempat anakan-anakan burung yang akan disuapi dan sekaligus pemebrsih adonan suapan yang tercecer pada tempat tersebut.
  • Gelas Plastik - Gunakan gelas plastik atau semacam wadah dengan ukuran sedang untuk membilas alat-alat yang telah selesai digunakan
  • Bahan Adonan - Bahan adonan untuk anakan Burung Lovebird banyak tersedia di toko-toko bahan makanan burung ataupun makanan bayi. Pilihlah bahan adonan yang paling mudah di dapatkan. Bubuk makanan untuk anakan burung atau bubur bayi merupakan menu yang paling mudah diperoleh. Periksa tanggal kadaluarsa pada bungkusnya. Sekali waktu berikan adonan dari sayur-sayuran. Kangkung dan jagung muda yang telah diblender dapat menjadi bahan adonan makanan anakan Burung Lovebird.
  • Kotak Ingkubator -  Kotak inkubator berungsi sebagai tempat anakan burung setelah mereka diambil dari gelodok. Kotak inkubator dapat dibuat sendiri dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah anakan burung yang akan di rawat di dalamnya. Contoh ukuran kotak untuk 5 ekor anakan adalah 50x30x30 cm. Anakan Burung Lovebird akan berada di dalam kotak inkubator sebelum mereka berumur 2 bulan. Kotak ini dilengkapi dengan lampu berukuran 2 watt dan bahan-bahan sarang seperti yang terdapat di dalam gelodok. Bahan-bahan sanrang harus secara rutin diganti dengan yang baru untuk menjaga kebersihan kotak inkubator.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!