Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Tempat Pakan dan Minum Burung Cendet dan Kotak Sarang Untuk Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Tempat Pakan dan Minum Burung Cendet dan Kotak Sarang Untuk Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet - Tempat pakan atau minum Burung Cendet yang dapat diperoleh dengan mudah di pasar-pasar burung. Pilihlah tempat pakan yang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, seperti atum, kramik dll. Tempat pakan berupa atum, atau pastik dan kramik sangat aman bagi Burung Cendet, sebelum membelinya sebaiknya meneliti tempat pakan tersebut apakah dapat layak pakai atau tidak, masih banyak tempat pakan dan minum burung yang dijual di pasaran belum memenuhi standar, seperti gantungan tidak ada, tidak ada lobang untuk pengait dan lain-lain.
Burung Cendet - Tempat Pakan dan Minum Burung Cendet dan Kotak Sarang Untuk Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Kotak Sarang - Sebuah kotak sarang harus memiliki beberapa syarat untuk berhasilnya penangkaran Burung Cendet. Beberapa kondisi yang ideal untuk kotak sarang Burung Cendet adalah :

  • Tidak telalu kecil idealnya kotak sarang berukuran 20x20x20 cm, ukuran boleh lebih besar sedikit, asal disesuaikan dengan ukuran kandang penangkaran
  • Terdiri 2 tinggkat, Satu tingkat dengan sebuah lubang untuk keluar masuknya Burung Cendet, dan satu tingkat di bawah untuk sarang dan telur yang akan dierami Burung Cendet.
  • Bersih dari zat kimia - Jika kotak sarang tersebut dari triplrk, sebaiknya dirndam di air selama lebih kurang 2 hari, dan dijemur hingga kering. Triplek mengandung zat kimia yang bisa membuat telur terkontaminasi dan menjdai rusak. Selain itu  bau yang ditimbulkan juga dapat membuat Burung Cendet tidak kerasan berlama lama didalam kotak sarang. Bila terbuat dari jenis papan pastikan papan tersebut bersih dan tidak mengandung zat berbahaya.
  • Ketabalan - Tebal papan untuk kotak sarang sebaiknya berkisaran 15-20 mm. Papan yang tipis akan mudah dibolong oleh Burung Cendet.
  • Kotak sarang dapat dilakkan di dalam kandang, jika berad diluar harus memperhatikan faktor keamanan dari gangguan binatang seperti tikus.
Burung Cendet - Tempat Pakan dan Minum Burung Cendet dan Kotak Sarang Untuk Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet
Selain kotak sarang dapat juga menggunakan tumpuna atau tempat sarang yang persis sama yang digunakan untuk penangkaran burung kenari, Burung Cendet biasanya dialam liar menggunakan daun, rumput dan lain-lain untuk membuat sarangnya, bisa menggunakan sarang jadi atau menggunakan sarang duduk untuk kemudian Burung Cendet tersebut membuat sarangnya di sana, Penangkar tinggal menyebarkan bahan-bahan sangkar di dasar kandang penagkaran Burung Cendet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cendet - Tempat Pakan dan Minum Burung Cendet dan Kotak Sarang Untuk Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!