Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Penjodohan Burung Cendet yang Inbreeding Harus Dihindari - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Penjodohan Burung Cendet yang Inbreeding Harus Dihindari - Penangkaran Burung Cendet - Anda tentu sering mendengar istilah inbreeding dalam konteks penangkaran, baik hewan maupun tanaman. Sebenarnya apa sih inbreeding, khususnya dalam penangkaran burung? Apa dampak positi dan dapak negatidnya bagi hasil penankaran yang kita kembangkan?

Perkawinan sedarah dalam penangkaran burung adalah proses reproduksi yang terjadi akibat perkawinan dari dua burung dengan garis genetik sama atau memiliki orang tua yang sama atau bersaudara. Misalnya adalah induk jantan dengan anakannya, anakan dengan induk betina, anakan dengan anak, cucu dengan kakek atau nenek dan seterusnya.
Burung Cendet - Penjodohan Burung Cendet yang Inbreeding Harus Dihindari - Penangkaran Burung Cendet

Perkawinan inbreed bisa meningkatkan risiki burung anakan menuruni sifat resesif yang merusak. Jika terjadi pernurunan genetik (kesehatan secara umum) dari suatu populasi burung, maka disebut inbreeding depression. Sifat pembawa yang menyebabkan penurunan kualitas keturunan biasanya dihilangkan melalui proses tertentu yang juga dikenal sebagai genetik purging atau "pembersihan genetik".

Perkawinan inbreeding atau pernangkaran ataesanak dalam bahasa sehari-hari dikenal istilah incest atau antar-muhrim. Pengertian atau pembuahan sendiri (selfing atau self fertilisation). Hubunga kekerabatan (relatedness atau relationship) ini biasanya dikuantifikasi dengan beberapa ukuran (seperti koefisien konsanguinitas dari Jacquerd, koefisien kesekerabatan atau inbreeding cooeficient, dan kovarians kekerabatan).

Para penangkaran burung ( yang sudah berkembang di Thailand atau Barat misalnya) menghilangkan karakterustik yang tidak diinginkan dalam populasi burung tertentu, yang juga dibarengi dengan pemusnahan terhadap apa yang dianggap "keturunan tidak layak", dilakukan terutama ketika mencoba untuk memungkinkan sifat baru pada burung tertentu.
Burung Cendet - Penjodohan Burung Cendet yang Inbreeding Harus Dihindari - Penangkaran Burung Cendet

Jika Anda sudah ahli dalam "memilih dan memisahkan" sifat keturunan tertentu pada burung, silakan saja Anda menangkar burung dari indukan atau keturunan yang sama. Namun jika masih awam atau pemula, disarankan, kawinkan burung dari orang tua atau kakek yang berbeda

Saat ini banyak orang membeli sepasang burung jantan-betina dari penangkaran dan bahkan dari sarang yang sama sejak masih kecil/anakan. Kemudian sepasang burung itu dibesarkan dan dijodohkan untuk dianak-pinakkan dalam konteks pengembangan keturunan seperti yang dijelaskan di atas, maka pembesaran dan dilanjut penjodohan burung dari indukan yang sama sebaiknya dihindarkan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cendet - Penjodohan Burung Cendet yang Inbreeding Harus Dihindari - Penangkaran Burung Cendet

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!