Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Penanganan atau Perlakuan Indukan Burung Cendet Dalam Penangkaran Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Penanganan atau Perlakuan Indukan Burung Cendet Dalam Penangkaran Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet - Burung Cendet masa mengeram sama halnya dengan burung jenis lainnya. Kurang lebih 14 hari masa mengeram hingga anakan menetas. Selama indukan Burung Cendet betina mengeram, sang Burung Cendet jantan akan berjaga-jaga disekitar sarang. Kapan Burung Cendet betina bertelur sebaiknya penangkar membuat catatan tersendiri agar mudah dilakukan pengawasan.
Burung Cendet - Penanganan atau Perlakuan Indukan Burung Cendet Dalam Penangkaran Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Penangkar mencatat kapan burungnya bertelur pada kalender, sehingga waktu menetas dapat diprediksikan. Jika pengeraman sudah melebihi waktu yang ditentukan berarti telur-telur tersebut tidak bisa menetas. Hal ini disebabkan oleh kedua Burung Cendet yang tidak subur dalam proses pembuahannya atau karena faktor lain yang menyebabkan telur tersebut tidak menetas. Untuk perawatan Burung Cendet selama mengerami telurnya dapat di jelaskan di bawah ini :
Burung Cendet - Penanganan atau Perlakuan Indukan Burung Cendet Dalam Penangkaran Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Perlakuan atau Penanganan Indukan Burung Cendet - Burung Cendet betina mengerami telurnya memerluka beberapa perlakuan yang bisa membuat Burung Cendet betina tersebut merasa nyaman. Perlu diingat proses mengerami telur memakan waktu kurang lebih selama 2 minggu dan tentunya ada beberapa tips yang berhubungan dengan perlakuan indukan Burung Cendet, yang perlu di perhatikan antara lain:

  • Jangan memandikan burung pada saat Burung Cendet menjalani pengeraman telur karena bulu yang basah akan mengakibatkan suhu telur menjdai dingin sehingga dapat menyababkan kegagalan dalam penetasan
  • Hendaknya tidak memberikan wadah atau tempat air minum dengan ukuran yang besar agar burung tidak mandi
  • Jangan melakukan penjemuran pada saat burung menjalani proses pengeraman telur karena pada saat menjalani proses pengeraman telur burung akan cenderung makan atau minum lebih sedikit dibanding dengan pada saat Burung Cendet tidak mengerami telur, sehingga kalau dilaksanakan penjemuran tubuh Burung Cendet akan banyak mengalamo evaporasi (penguapan) sehingga dapat menimbulkan dihidrasi (kekeringan) yang berlebihan dan dapat menyababkan kematian.
  • Hindarkan dari berbagai hewan pengganggu antara lain adalah, semut, cicak, tikus, kucing dan ayam dan lain sebagainya yang mengganggu.
  • Letakkan kandang pada tempat yang aliran anginnya tidak terlalu kencang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!