Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Pemilihan Indukan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Pemilihan Indukan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet - Pemilihan indukan adalah suatu langkah yang paling awal dalam nenetukan menjadi penangkar Burung Cendet karena menyekeksi indukan Burung Cendet sangatlah penting, yang paling utama dalam penyeleksian indukan Burung Cendet, adalah memilih Burung Cendet yang sehat, Burung Cendet yang sehat, dapat dilihat dari sorotan mata yang tajam, serta jernih, jangan memilih Burung Cendet yang bermuka pucat, karena kepucatan mukanya itu berarti Burung Cendet tersebut sedang tidak sehat atau fit.
Burung Cendet - Pemilihan Indukan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet

Pemilihan indukan Burung Cendet juga dapat dilakukan dengan tingkah lakunya, Burung Cendet yang sehat bisa dilihat dengan tingkahlaku yang lincah, tidak loyo, nafsu makan yang tinggi, dan selutuh tubuhnya tidak cacat sedikitpun. pilihlah Burung Cendet yang bermental bagus baik mental terhadap lingkungan, manusia, atau burung sejenis agar Burung Cendet tersebut tidak stres ketika berpindah tempat atau melihat orang ataupun burung lain. Pemilihan indukan Burung Cendet dapat dilakuakan dengan cara berikut :

Indukan Burung Cendet Jantan - Burung Cendet ataupun pentet termasuk burung cerdas. Burung Cendet memiliki kemampuan menirukan suara burung lain dengan kualitas kicaunya yang mampu menghipnotis siapa saja yang mendengar. Untuk menangkarkan Burung Cendet terlebih dahulu ketahuilah bagaimana cara membedakan Burung Cendet Jandan dan Betina, Berikut ini adalah ciri-ciri Burung Cendet Jantan  :

  • Bagain pipi dari Burung Cendet jantan memiliki warna hitam yang sangat pekat, Jika hitamnya agak pudar, biasanya Burung Cendet tersebut berkelamin betina
  • Bentuk Kepala Burung Cendet jantan biasanya ceper mendatar, sementara Burung Cendet betina lebih menggelambung atau oval
  • Supit Burung Cendet jantan berbrntuk kecul panjang disertai motif garis yang tidak beraturan. Sementara Burung Cendet betina memiliki supit yang agak besar dengan disertai motif garis yang teratur seperti kembang
  • Burung Cendet yang berkelamin jantan tentu memiliki warna yang lebih mencolok, variasi suara yang lebih beragam ragam, dan volume suara yang keras.
Alat perkembangbiakan pada Burung Cendet jantan terdiri atas sepasang testes, saluran spremad dan kloka. Beberapa jenis burung mempunyai semacam penis pada kloakanya.
Burung Cendet - Pemilihan Indukan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet

Indukan Burung Cendet Betina - Burung Cendet Betina juga memiliki kecerdasan yang sama dengan Burung Cendet jantan, tetapi Burung Cendet betina lebih banyak diam daripada yang jantan, perkembangan metabolisme kedewasaan Burung Cendet betina lebih cepat walaupun Burung Cendet ini saat di dekatti sering mbayeki, (eyek-eyek). Berikut ciri-ciri Burung Cendet Betina :
  • Bunyinya tidak keras alias volume tipis
  • Warna hitam dai atas kepala tidak banyak hanya samapai atas hidung
  • Untuk calon betina pilihlah umur minimal 8 bulan maksimal 1 tahun
  • Pilihlah Burung hasil ternakan yang mempunyai trah jelas, utamakan hasil tangkaran yang banyak berorestasi (terbukti di lapangan)
  • Kondisi burung sudah birahi, cirinya selalu bereaksi ketika mendengar suara Burung Cendet jantan atau saat melihat Burung Cendet jantan.
  • Kondisi fisik burung harus sehat, utuh dan tidak cacat, pilih Burung Cendet betina yang berbulu sudah rapi sehan dan mengkilap.
  • Burung Cendet Betina yang bisa dijodohkan harus Burung Cendet betina yang selalu bereaksi kali dijejerkan dengan Burung Cendet jantan, tidak semian Burung Cendet betina bisa jodoh dengan Burung Cendet jantannya.
  • Pilih Burung Cendet betina yang jinak dan tidak galak
  • Burung Cendet betina yang habis mabung dan sudah mualai biarahi akan lebih cepat dijodohkan ketimbang burung yang bulunya sudah tua
  • Pilih Burung Cendet betina dari trah yang bagus. Karena Burung Cendet betina lebih menurunkan sifat keanakannya seperti mental dan bentuk bodi
  • Bodi harus yang bagus, kepala kotak, bodi panjang serasi supaya anakannya juga berbodi panjang ramping. Model Burung Cendet yang langsing panjang biasanya anti meltik dan kembung
Alat perkembangbuakan Burung Cendet betina biasanya hanya berkembang pada bagian kiri, sedangkan bagian kanan tidak berkemabang (rudimen). Ovarium terletak dekat ginjal dan ovum yang dihasilkan akan dikeluarkan melalui oviduct yang bermuara pada kloaka. Pada saat Burung Cendet betina mengakami masa birahi, Burung Cendet betina akan berusaha mendekati dan menarik perhatiana Burung Cendet jantan. Biasanya Burung Cendet yang tertarik akan segera mendekati dan mengawininya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Cendet - Pemilihan Indukan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!