Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Mempercepat Peoses Kawin Burung Cendet dan Asumsi Pemberian Pakan Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Mempercepat Peoses Kawin Burung Cendet dan Asumsi Pemberian Pakan Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet - Untuk mempercepat proses perkawinan indukan Burung Cendet, suasana kandang siusahakan nyaman dan sejuk. Caranya, Anda bisa meniram air di dalam kandan setiap pagi dan sore, selama beberapa hari. Bak mandi harus dibersihkan secara rutin, jangan sampai terlihat kotor dan berjamur.
Burung Cendet - Mempercepat Peoses Kawin Burung Cendet dan Asumsi Pemberian Pakan Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Jika pasangan indukan Burung Cendet ini sudah mulai birahi, merka akan kawin dan membuat sarangnya. Sekitar 4-10 hari setelah kawin, indukan Burung Cendet berina akan bertelur (rata-rata 2-4 butir) dan akan dierami selama 14 hari hingga menetas. Piyik yang sudah berumur 5-10 hari bisa langsung diberi ring pengenal di kakinya. Pada masa tersebut, Anda juga memiliki dua pilihan untuk perawatan piyikan Burung Cendet yaitu, sidapih, dengan konsekuensi Anda harus melolohkan makanan untuk Burung Cendet yang masih piyik tersebut, atau tetap menyerahkan pengasuhan piyikan kepada indukan Burung Cendet.
Burung Cendet - Mempercepat Peoses Kawin Burung Cendet dan Asumsi Pemberian Pakan Burung Cendet - Penangkaran Burung Cendet

Piyik mulai keluar dari sarang dan belajar terbang pada usia 1-1 hari. Setelah usianya mencapai 1-2 bulan, anakan Burung Cendet sudah bisa makan sendiri, bahkan bisa dipasarkan/dijual di pasaran.

Asumsi Pakan Selama Penjodohan - Selama proses penjodohan, penyatuan, hingga perkawinan, indukan Burung Cendet jandan dan indukan Burung Cendet betina membutuhkan asupan pakan yang bergizi. Hal ini akan mempengaruhi birahi indukan Burung Cendet, fertilitas, daya tetas, hingga kualitas piyikan yang dihasilkan. Pakan yang dibutuhkan antara lain :

  • Cacing tanah, dalam jumlah cukup setiap hari.
  • Jangkrik, dengan porsi 30 ekor (pagi/sore pada awal perjodohan, lalu dikurangngi menjdai 10 ekor (pagi/sore)) setelah burung bertelur.
  • Kroto, sebaknya diberikan 1 cepuk setiap pagi
  • Buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel, dan sebagainya
  • Voer (untuk proyek penangkaran biasanya diberikan sebagai makanan tambahan saja, bukan makanan utama)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!