Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Cendet - Ciri Fisik Burung Cendet dan Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet

Burung Cendet - Ciri Fisik Burung Cendet dan Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet - Panjang tubuhnya 20—25 cm. Paruhnya membentuk kait di bagian ujung, serupa dengan burung falkon, sejenis burung elang. Cendet juga memiliki tungkai yang kuat dan cakar yang tajam yang dipergunakan untuk mencengkeram mangsanya di udara. Sayap yang pendek dan bulat menyandang 10 batang bulu sayap luar primer dan ekor yang bulat memiliki 12 bulu yang berfungsi sebagai kemudi ketika cendet sedang terbang. Cendet juga mempunyai bulu kaku yang tumbuh di sekitar moncongnya.
Burung Cendet - Ciri Fisik Burung Cendet dan Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Burung Cendet Betina - Penangkaran Burung Cendet

Ciri khas burung cendet adalah ekornya yang panjang dan akan meliuk-liuk jika sedang berbunyi. Nyanyian cendet mencakup nada-nada yang harmonis. Berbeda sekali dengan pekikannya yang ribut dan kedengaran kencang melengking. Sifat asli burung cendet adalah galak. Jika mematuk, biasanya sekaligus menggigit dengan paruhnya yang tajam. Jika menggigittangan atau bagian tubuh lainnya, biasanya akan meninggalkan bekas gigitan di bagian tubuh tersebut.

Namun, jika burung cendet ini kita pelihara sejak piyikan, sifat galaknya akan sedikit hilang. Bahkan burung ini akan mendekat jika melihat tangan kita. Cendet akan langsung turun seolah-olah kita akan memberinya makan.

Apabila anda sudah benar-benar yakin menentukan pentet sebagai burung peliharaan dirumah, maka sangat disarankan untuk memilih burung yang berkelamin jantan. Pada umumnya burung cendet jantan akan memiliki berbagai kelebihan baik itu dari postur tubuh, variasi gacoran maupun power suaranya (Baca: Suara Cendet). Namun bagi anda yang masih belum tahu cara untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina pastinya sangat kebingungan ketika hendak membeli burung tegas ini. Sekarang anda tak usah bingung lagi, karena disini saya telah menyajikan berbagai ulasan mengenai perbandingan ciri kelamin burung cendet. Untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita simak cuplikan dibawah ini.

Ciri Cendet Jantan

  • Paruh bagian ujungnya relatif tebal.
  • Ujung kepala sampai tengkuk terdapat bulu hitam yang pekat.
  • Bulu hitam di bagian pipi terlihat lebih pekat.
  • Perilakunya lebih gesit dan agresif.
  • Bentuk kepala cenderung datar atau ceper.
  • Supit lebih kecil dan panjang dengan motif garis bulu tak beraturan.
  • Untuk yang masih anakan, terdapat warna hitam dibagian ekor.

Ciri Cendet Betina

  • Paruh lebih tipis dibanding jenis jantan.
  • Bulu di bagian kepala kepala hingga tengkuk berwarna hitam memudar.
  • Bulu yang berwarna hitam pada si betina terlihat lebih memudar.
  • Bentuk kepala cenderung bundar dan menggelembung.
  • Anus terlihat agak lebar dan terdapat belahan.
  • Supit lebih besar dengan motif bulu yang teratur menyerupai bunga.
  • Ketika masih anakan, warna hitam dibagian ekornya terlihat samar-samar.

Setelah menyimak beberapa ulasan diatas, pastinya sekarang anda sudah mengetahui beberapa acuan yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin burung cendet. Meskipun akurasinya tidak seratus persen, namun cara tersebut telah banyak dicoba dan dibuktikan oleh berbagai kalangan kicau mania. Alhasil metode tersebut mampu membawa anggapan yang positif dari banyak orang. Apabila anda hendak ke pasar burung untuk membeli cendet, namun masih was-was untuk membedakan ciri cendet jantan atau betina, maka solusi yang tepat adalah dengan mengajak teman anda khususnya yang sudah berpengalaman mengenai berbagai jenis burung

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!