Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Perawatan Pascakontes/lomba Burung Lovebird Agar Staminanya Pulih Kembali - Perawatan Burung Lovebird

Burung Lovebird - Perawatan Pascakontes/lomba Burung Lovebird Agar Staminanya Pulih Kembali - Perawatan Burung Lovebird - Stamina burung yang diikitkan kontes akan terkuras karena banyak mengeluarkan energi. Untuk itu, perlu adanya perawatan pascakontes. Perawatan ini pada dasarnya berufungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung. Secara umum, perawatan pascakontes tidak jauh berbeda dengan perawatan harian, hanya saja ada bebepa setelan yang perlu diubah. Berikut ini salah satu pola perawatan dan setelan pascakontes untuk Burung Lovebird :

  • Perawatan dan setelan pakan dikembalikan ke setelan harian
  • Berikan multivitamin pada air minum pada H+ lomba/kontes
  • Sampai H+3 kontes, penjemuran maksimal 30 menit saja.
Burung Lovebird - Perawatan Pascakontes/lomba Burung Lovebird Agar Staminanya Pulih Kembali - Perawatan Burung Lovebird

Selain setelan menjelang lomba dan saat lomba, perawatan harian terhadap lovebird lomba juga tak boleh dilupakan. Berikut ini tips Om Yayat mengenai perawatan harian untuk lovebird lomba:
  • Aktivitas harian dimulai pukul 06.30. Burung dikeluarkan dan langsung dijemur.
  • Saat penjemuran, sediakan pula cepuk berisi air yang digunakan untuk mandi burung. Ini merupakan cara yang biasa dilakukan Om Yayat. Jika Anda terbiasa memandikan lovebird dengan cara disemprot atau menggunakan karamba, sebaiknya teruskan saja kebiasaan tersebut.
  • Aktivitas mandi dan jemur bisa dilakukan bersamaan dengan burung master yang biasa mendampingi lovebird, misalnya cucak jenggot dan kenari. Artinya, sangkar bisa digantang berjejer. Tetapi lovebird jangan dijemur berdekatan dengan lovebird lainnya. “Kalau sekadar mendengar suara lovebird lainnya ya boleh saja,” kata Om Yayat.
  • Sekitar pukul 09.30, burung diangkat dari penjemuran, dan diangin-anginkan sebentar. Demikian pula dengan burung masternya.
  • Selanjutnya, burung dikerodong dan ditaruh di gantangan biasanya. Burung master tetap didekatkan dengan sangkar lovebird.
  • Menurut Om Yayat, dalam satu rumah sebaiknya cukup memelihara dua ekor lovebird, agar burung tidak selalu bersahut-sahutan. Sebab, hal ini akan menguras staminanya, sehingga saat di lapangan malah tidak bisa bekerja.

Namun, kalau Anda bisa mengakalinya, tentu bisa saja memelihara lebih dari dua ekor. Misalnya, LB dimasukkan dalam ruang terpisah dan agak berjauhan, sehingga suaranya tak begitu jelas terdengar oleh lovebird lainnya. (sumber = omkicau.com)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!