Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Logam yang Bebahaya Bagi Burung Lovebird - Pemeliharaan dan Pemilihan Sangkar Burung Lovebird

Logam yang Bebahaya Bagi Burung Lovebird - Pemeliharaan dan Pemilihan Sangkar Burung Lovebird - Sejumlah logam yang berbahaya bagi Burung Lovebird, tak hanya Burung Lovebird burung paruh bengkok lainnya juga. Logam ini yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan sangkar, tempat air atau pakan, kandang, dan sebagainya.

Logam yang Bebahaya Bagi Burung Lovebird - Pemeliharaan dan Pemilihan Sangkar Burung Lovebird

Kuningan - Kuningan adalah logam campuran antara tembaga dan seng. Kedua bahan logam ini berpotensi membuat burung kicau kesayangan kita keracunan. Jika ada kuningan di dalam bahan sangkar burung kecil mukin tidak masalah karena mereka tidak mungkin bisa mematu-matuk logam tersebut sampai mengelupas. Tetapi untuk burung yang berparuh kuat harus diperhatiakan lagi seperti burung Lovebirt, Nuri, Betet, dan sebagainya.

Timah - Bagian sangkar yang mengandung timah pada umumnya yaitu kaleng, bandul pancing, pemberat korden, koil tutup sampanye, timah pateri, koin soldir, lempengan dalam bentuk baterai, hati hati memakai bahan timah karena juga mengandung racun yang cukub berbahya untuk burung kicau kesayangan kita.

Tembaga - Kadar racun dari logam yang termasuk tembaga ini sangat sedikit. Makanan yang mengandung asam yang disimpan dalam wadah tembaga bisa jadi terkontaminasi oleh bahan tembaha tersebut. Demikian pula saluran atau wadah air yang terbuat dari tembaga, berpotensi mencemari air yang mengalir atau berada di dalamnya. Kalau mau menggunakan wadah tembaga untuk burung, sebaiknya masukkan air kedalamnya tidak dalam kondisi panas. Tuangkan jika sudah dingin baru diberikan ke burung kicau kesayangan kita, karena lebih aman.

Logam yang Bebahaya Bagi Burung Lovebird - Pemeliharaan dan Pemilihan Sangkar Burung Lovebird
Kawat - Kawat juga berpotensi meracuni burng, agar penggunaan kawat aman, sebaiknya kawat di lapisi cat anti karat. karna karat bisa membunuh burung kesayangan kita.

Seng - Seng adalah bahan yang harus di jauhkan dan di hindari untuk penggunaan sangkar dan wadah makan maupun minum untuk burung kita karena seng sangat beracun untuk burung peliharaan kita. Juga waspadai kandang burung atau ram untuk kandang burung yang tebuat dari galvani, klip atau steples, kunci-kunci mainan anak, paku, pipa ledeng, krom, beberapa cat anti karat, dan beberapa wadah shampo atau wadah kosmetik.

Tips Sangkar Untuk Lovebird -  Berikut adalah hal-hal penting yang dapat dilakukan terhadap sangkar yang masih baru

  • Sangkar baru, baik dicat maupun tidak, perlu dicuci bersih menggunakan detergen.
  • Pastikan sangkar tidak berbau cat atau vernis. Jika masih berbau, tunggu sampai beberapa hari dengan di cuci dan dijemur tiap hari agar hilang baunya
  • Sepro seluruh permukaan dengan antiseptik yang aman untuk burung
  • Lakukan pencucian sangkar sevara rutin minimal sebulan sekali
Bahan- bahan di atas barangkali sering digunakan sebagai perlengkapan burung karena warnanya yang menarik. Sangkar dngan warna menarik tentu saja akan menambah keeksotisan burung. Walaupun demikian, sebuah kesalahan jika ingin memburu keeksotisan saja, tetapi di sisi lain bahan-bahan tersebut dapat meracuni burung. Oleh karena itu, disarankan menggunakan jenis logam yang aman untuk membuat atau membeli perlengkapan burung. Adapun jenis logam yang aman dan tidak beracun bagi burung seperti kawat nongalvanil, baja, dan besi yang tidak dilapisi cat antikarat. 

Gunakan alas sangkar bernebtuk laci yang mudah ditarik keluar, tetapi diberi pengait agar tidak mudah terlepas dengan sendirinya. Jarak antara alas dengan jeruji dasar usahakan cukup tinggi sehinga burung tidak bisa menggapai makanan yang jatuh ke alas sangkar. Hal ini untuk menghindari burung mengambil makanan yang kotor. Dengan demikian, burung akan sehat. Buat juja jeruji dasar sangkar dengan jarak relatif rapat sehingga kepala burung tidak bisa menerobos

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Logam yang Bebahaya Bagi Burung Lovebird - Pemeliharaan dan Pemilihan Sangkar Burung Lovebird

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!