Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Unsur-Unsur Penting Dalam Pakan Burung Lovebird - Penangkaran Burung Lovebird

Burung Lovebird - Unsur-Unsur Penting Dalam Pakan Burung Lovebird - Penangkaran Burung Lovebird
Pakan merupakan peranan penting dalam merawat dan memelihara burung. Pemilihan pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi Burung Lovebird. Sebagai pengetahuan dasar, pemahaman mengenai unsur-unsur di dalam pakan burung sangat penting bagi pehobi burung. Berikut adalah unsur-unsur penting dala pakan Burung Lovebird.

Karbohidrat - Karbohidrat merupakan unsur di dalam pakan yang berfungsi sebagai sumber eneri, pembakaranlemak, memperkecil oksidasi protein menjadi energi, dan memelihara fungsi alat-alat pencernaan. Kadar karbohidrat dalam tubuh burung adalah 2%, sementara pakan burung yang baik adalah yang mengandung 70% karbohidrat, yaitu terdapat pada pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan pisang.
Burung Lovebird - Unsur-Unsur Penting Dalam Pakan Burung Lovebird - Penangkaran Burung Lovebird

Protein - Proteni penting dalam suatu pakan burung karena hal-hal berikut :

  • Protein merupakan zat pembangun tubuh
  • Dapat menggantikan jaringan tubuh yang aus atau rusak
  • Sebagai bakan baku pembentukan enzim, harmin, dan zat-zat antibodi
  • Mengatur peredaran cairan tubuh dan zat yang larut di dalamnya ke dalam dan keluar sel
Kekurangan protein menyebabkan burung menjdai kurus, bulu rusak, kerdil, kanibalisme, murung, enggan berkicau, serta sering kali berperilaku mencabuti bulunya sendiri. Burung berkicau membutuhkan 35% protenin dari berat badannya. Protein ini dapat diperoleh dari ikan, susu, cacing, kacang tanah, kacangan panjang, kacang hijau, kacang kedelai
Burung Lovebird - Unsur-Unsur Penting Dalam Pakan Burung Lovebird - Penangkaran Burung Lovebird

Lemak - Fungsi lemak bagi burung adalah :
  • Sebagai saluran air merabolik
  • Sebagai insulator (pengatur suhu tubuh)
  • Sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh
  • Sebagai pembaa vitamin A, D, E dan K
Apabila burung terlalu banyak mengonsumsi lemak, burung ini berpeluan untuk mancret atau gemuk. Padahal burung yang gemuk cenderung malas berkicau dan berbiak.

Vitamin dan Asam Amino - Vtamin dalam pakan burung berfungsi :
  • Untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel jaringan epitel
  • Memperlancar metabolisme
  • Membentuk Jaringan pengikat
  • Membantu pembentukan tulang
  • Membantu proses pembentukan darah
Mineral - Kandangan mineral pada pakan Burung Lovebird juga tidak boleh diabaikan. Kandungan mineralnya harus cukup untuk Burung Lovebird. Mineral berguna untuk pembentukan darah dan tulang, penyeimbang cairan tubuh, memfungsikan saraf, memdungsikan sistem pembulu darah jantung, dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim yang dapat memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan, dan penyembuhan. Contoh mineral yang diperlukan Burung Lovebird diantaranya kalsium, fosfor, zat besi, mangan, yodium, cuprim, zink, magnesium, sodium, klorin, dan kalsium.

Jika burung kecukupan mineral, burung akan memiliki bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alis mabung; tidak terkena richitis (tulang tualang lemak, bengkok dan abnormal); bebas paralyasa(lumpuh): bebas perosis (tumit bengkok); anak burun meneras sehat; burung tidak mengalami uratrai(luxotio:paruh tidak lemah; burung dipenangkaran bisa segera bertelur, telur bisa, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi serta kematian embrio rendah.

Jenis makanan yang dikonsumsi Burung Lovebird secara alam antara lain sayur, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Dialam bebas, biasanya Burung Lovebird makan dengan porsi yang cukup banyak. Pemberian pakan Burung Lovebird yang kita pelihara, sebaiknya didalam sangkar. Makanan yang banyak mengandung lemak sebaiknya porsi pemberiannya dibatasi. Burung disangkar berbeda dengan di alam liar. Ruanggerak di sangkar sangat terbatas sehingga pemberian makanan yang mengandung lemak tidak boleh secara berlebihan. Pemberian makan berlemak yang terlalu banyak dapat menyebabkan burung menjadi terlalu gemuk. Burung yang terlalu gemuk cenderung malas untuk bergerak dan berkicau.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Lovebird - Unsur-Unsur Penting Dalam Pakan Burung Lovebird - Penangkaran Burung Lovebird

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!