Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird Dengan Cara Pemberian Pakan dan Pemitingan Sayap

Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird Dengan Cara Pemberian Pakan dan Pemitingan Sayap - Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang mudah beradaptasi dan dijinakkan dari alam liar. Walaupun sudah cukup banyak Burung Lovebird hasil penangkaran, misih ada juga Burung Lovebird hasil dari tangkapan alam. Salah satu ciri burung hasil tangkapan alam adalah perilakunya yang agresif. Burung tangkapan alam harus dijinakakn terlebih dahulu. Selain itu, perpindahan burung dari pemilik lama ke pemilik yang baru juga dapat menyebabkan burung menjadi tidak jinak.
Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird Dengan Cara Pemberian Pakan dan Pemitingan Sayap

Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird yang Cukup Mudah dan Relatif Cepat
Salah satu syarat agar Burung Lovebird menjadi gacor adalah dengan cara dijinakkan terlebihdahulu. Maksud jinak di sini bukan berarti Burung Lovebird yang menurut saja ketika dipegang atau mendekat kalau didekati orang. Burung jinak secara umum adalah burung yang bebas dari tekanan di sekitarnya. Burung yang jinak cenderung tidak takut lagi kepada pemiliknya.

Ada banyak tips dan cara untuk menjinakakn Burung Lovebird. Burung Lovebird bisa jinak dalam waktu relatif lama dalam keadaan dan proses wajar. Burung Lovebird yang masih liar jua dapat dijinakan secara lebih cepat. Cepat dan tidaknya burung menjadi jinak tergantung dari cara penjinakannya.

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk penjinakan Burung Lovebird :

Pemberian Pakan - Kosongkan tempat pakan menjelang malam. Biarkan pada pagi hari dia keparan. dalam kondisi itu, sorongkan makanan di tangan kita. Kalau Lovebird tidak mau mematuk makanan, tarik makanan itu lagi. Kalau Burung Lovebird tetap tidak mau makan tunda lagi. Begitu seterusnya sampai sekitar pukul 10.00. Kalau sampai pukul tersebut, Burung Lovebird belumm mau makan juga, tinggalkan makanan di tempat pakan agar dimakan. setelah dimakan satu makanan, sorongkan makanan lain lagi. Kita goda dia beberapa saat mau mendekati atau tidak. Begitu makanan disambar, kita coba lagi, sampai burung agak kenyang. Kuncinya proses ini adalah membuat burung kelaparan dan merasa tergantung pada manusia.

Pemotongan Sayap - Rasanya kadang bosan melihat Burung Lovebird hanya berada di sankar. Ada kalanya kita juga perlu bermain-main dengan Burung Lovebird tersebut di luar sangkarnya. Akan tetapi, konsekuensinya yangdihadapi adalah bila Burung Lovebird milik kita justru kabur entah kemana. Burung Lovebird yang kabur berarti kurang jinak dan harus dijinakakan. Salah satu cara menjinakan Burung Lovebird adalah dengan cara memotong beberapa bagian sayap terbangnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Burung Lovebird tidak bisa terbang jauh.

Pemotongan sayap Burung Lovebird untuk penjinakan memang terdengar kejam. Namun, pemotongan sayap biasa dilakukan oleh beberapa pehobi burung. Pemotongan sayap harus dilakuakan dengan teknik-teknik khusus. Jadi, bagi pehobi yang belum berpengalaman disarankan tidak melakuakannya sendiri. Sebagi bekal pengetahuan, ada baiknya mempelajari teknik-tenkik memotong sayap Burung Lovebird untuk penjinakaan berikut.
Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird Dengan Cara Pemberian Pakan dan Pemitingan Sayap
  • Menentukan Garis Potong Bulu sayap Terbang - Pemotongan bulu sayap tidak boleh sembarangan. Bulu yang dipotong adalah bulu sayap terbangprimer. Bulu sayap primer ini letaknya tertutup jika burung sedang diam dan tidak mengerakkan sayapnya.
  • Pemotongan Bulu Halus Terbang - Proses pemotongan bulu sayap terbang dilakuakan dengan cara-cera berikut : Tangakap burung dan pegang dengan lemah lebut agar tidak berontak, Pemotongan harus dilakuakan secara hati-hati dan dilakukan ketika burung sudah tenang, Pemotongan dapat dilakuakan pada sayap kanan atau kiri terlrbih dahulu, Rentangkan sayap burung secara lembut dan perlahan-lahan dan tentukan bulu sayap yang akan dipotong. Jika sudah emenetukan garis potong, segera potong bulu sayap terbang tersebut satu persatu sampai mendekati sayap punggung untama, Lakukan cara ini dengan hati-hati agar burung tidak berontak. Lakukan juga cara tersebut pada sayap lainya yang belum dipotong hingga perbandingan sayap yang belum dipotong dan yang sudah dipotong tampak seperti skersa gambar. 
Intinya, kita harus hati-hati ketika melakukan pemotongan bulu sayap terbang pada Burung Lovebird. Jangan sampai Burung Lovebird dipotong sayap ketika berontak sehingga bisa jadi kita salam memotong bagian yang tidak boleh dipotong. Selain itu pegang Burung Lovebird seara benar sehingga terhindar dari gigitan Burung Lovebird. Burung Lovebird yang dopotong sayap terbangnya tidak bisa terbang dengan bebas sehingga kita akan leluasa untuk bermain  dengan Burung Lovebird kesayangan kita.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird Dengan Cara Pemberian Pakan dan Pemitingan Sayap

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!