Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird yang Cukup Mudah dan Relatif Cepat

Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird yang Cukup Mudah dan Relatif Cepat - Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang mudah beradaptasi dan dijinakkan dari alam liar. Walaupun sudah cukup banyak Burung Lovebird hasil penangkaran, misih ada juga Burung Lovebird hasil dari tangkapan alam. Salah satu ciri burung hasil tangkapan alam adalah perilakunya yang agresif. Burung tangkapan alam harus dijinakakn terlebih dahulu. Selain itu, perpindahan burung dari pemilik lama ke pemilik yang baru juga dapat menyebabkan burung menjadi tidak jinak.

Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird yang Cukup Mudah dan Relatif Cepat
Salah satu syarat agar Burung Lovebird menjadi gacor adalah dengan cara dijinakkan terlebihdahulu. Maksud jinak di sini bukan berarti Burung Lovebird yang menurut saja ketika dipegang atau mendekat kalau didekati orang. Burung jinak secara umum adalah burung yang bebas dari tekanan di sekitarnya. Burung yang jinak cenderung tidak takut lagi kepada pemiliknya.

Ada banyak tips dan cara untuk menjinakakn Burung Lovebird. Burung Lovebird bisa jinak dalam waktu relatif lama dalam keadaan dan proses wajar. Burung Lovebird yang masih liar jua dapat dijinakan secara lebih cepat. Cepat dan tidaknya burung menjadi jinak tergantung dari cara penjinakannya.

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk penjinakan Burung Lovebird

Penmpatan Burung - Burung Lovebird yang baru dibeli atau yang masih belum jinak jangan ditempatkan di suatu tempat yang sepi dan tersembunyi. Sebaliknya Burung Lovebird tersebut ditempatkan di tempat yang cukup ramai. Cara yang sering digunakan adalam mengguntung sangkar yang dihuni Burung Lovebird di tempat yang cukup ramai dan sering menjadi tempet lalu-lalang orang. Biasanya proses tersebut selama sekitar sepekan. Selain itu, posisi kandang agak diturunkan. Lakukan selama sepekan, turunkan lagi, sepekan mendatang turunkan lagi sampai posisi normal.
Dengan cara demikian, burung lama-kelamaan akan terbiasa dengan lingkungan sekitar dan lebih cepat jinak.
Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird yang Cukup Mudah dan Relatif Cepat

Cara Pemandian - Penjinakan Burung Lovebird dengan dimandikan memerlukan perlakuan khusus. Proses pemandian sebaiknya dilakukan dengan cara dikaramba dalam waktu yang agak lama. Jika burung tidak mau mandi sendiri karena belum terbiasa atau masi takut, pemandian dapat dilakukan dengan teknik seprot. Caranya dalam semprot pakai semprotan sampai basah kuyup. Biasanya burung yang disemprot sampai basah kuyup akan berontak. Namun, ini adalah proses yang wajar. Biarkan burung dikaramba sampai bulunya gak kering, Baru kemudian dimasukkan ke dalam sangkar di gantung di tempat biasa. Sebaiknya, proses mandian seoerti itu dilakukan saat pagi dan sore hari,

Proses penjinakan Burung Lovebird dengan cara dimandikan sampai basah kucup bukanlah proses yang ranpa maksud. Ada beberapa fungsi mengapa burung harus dimandikan sampai basah kuyup. Beberapa fungsi tersebut diantaranya :

  • Membuat burung cepat lapar -  Burung yang dimandikan ssampai basah kuyup akan membuat burung merasa kedinginan. Jika burung kedinginan, burung tersebut akan lebih cepat laparkarena tubuhnya akan lebih banyak membakar karbohidrat untuk memanaskan tubuhnya. Burung yang lapar tentu akan terangsang nafsu makannya. Kondisi yang demikian sangat menunjang untuk dilakukan proses penjinakan dengan cara memberi makanan yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Jangan takut melakukan proses ini dan jangan berangapan kalau burung yang lapar karena pemandian tersebut akan kekurangan nutrisi. Burung yang kurang nutrisi adalah burung yang lapar karena memang disengaja dikurangi porsi makanya dari porsi yang di berikan.
  • Membuat burung labih berani - Pada saat burung basah kuyup, ada pembelajaran bahwa meskipun burung itu hanya bisa diam, pada kenyataannya banyak orang yang berlalu lalang di dekatnya dan hal ini bukan merupakan ancaman. Dengan pembiasaan seperti itu, Burung akan lebih jinak dan berani terhadap lingkungannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Burung Lovebird - Penjinakan Burung Lovebird yang Cukup Mudah dan Relatif Cepat

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!