Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Pemeliharaan Burung Kacer - Pemilihan Sangkar dan Krodong yang Ideal Bagi Burung Kacer

Pemeliharaan Burung Kacer - Pemilihan Sangkar dan Krodong yang Ideal Bagi Burung Kacer - Memilih Sangkar - Dalam memelihara burung, terkadang ketepatan dalam memilih sangkar menjadi salah satu hal yang sering diabaikan, atau bagi orang-orang yang baru memelihara burung, mungkin mereka tidak mengetahui akan pentingnya hal ini. Padahal, memilih sangkar yang tepat merupakan salah satu hal yang penting.
Pemeliharaan Burung Kacer - Pemilihan Sangkar dan Krodong yang Ideal Bagi Burung Kacer

Para pecinta burung dan penangkar burung memang lebih merekomendasikan sangkar yang besar karena akan memberikan keleluasaan bergerak bagi burung. Namun Anda harus memperhatikan jarak antara jeruji, karena jika karak antara jeruji tidak ideal atau terlalu besar akan mengakibatkan burung berusaha meloloskan diri sehingga akan mengakibatkan cedera.

Jarak antara jeruji yang ideal lebih kecil dari ukuran kepala burung yang Anda pelihara atau dengan kata lain burung tidak bisa menyelipkan kepalanya diantara jeruji tersebut. Untuk burung yang berukuran kecil jarak antara jeruji biasanya di bawah 2cm, sedangkan untuk burung yeng berukuran besar biasanya di atas  2 cm.

Sangkar Kayu VS Sangkar Besi - Bagi Anda yang memelihara burung, mungkin tidak terlalu mengerti fungsi, kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis sangkar ini. Berikut karakteristik dari sangkar kayu dan sangkar besi

Sangkar Kayu

  • Sangkar kayu bisanya diperuntukkan untuk burung berukuran kecil dan sedang
  • Sangkar kayu cukup aman untuk paruh burung , jarena tidak akan melukai paruh
  • Mudah terkikis, terurama jika telah dihinggapi kutu kayu
Sangkar Besi
  • Sangkar besi biasanya diperuntukkan untuk burung berukuran besar atau memiliki paruh yang kuat
  • Untuk burung berukuran kecil, sangkar besi dapat melukai paruh
  • Sangkar besi berkarat, namun Anda bisa mensiasati dengan melakukan pengecatan
Dalam pemilihan sangkar semua kembali pada Anda sendiri, yang terpenting Adalah janga hanya memilih sangkar kaena bentuk, model dan warnanya yang bagus tanpa memperhatikan aspek fungsinya.

Kerodong burung kicau
Kerodong adalah suatu krukup/tutub yang di gunakan untuk burung kicau yang biasanya untuk lomba burung perlu di kerodong dengan baik dan benar. Kerodong yang baik bisa membuat burung kicau lebih nyaman dan tenang sehingga saat di krodong burung benar-benar beristirahat. Kerodong juga di pakai Untuk burung yang masih liar, burung harus di kerodong karena keliaranya kalu tidak burung akan ngobrak-ngobrak dan disa mati kalu di biarkan terus menerus.

Tips Menggunakan Kerodong Burung Kacer 

1. Gunakan kerodong yang pas tepat menempel di diding sangkar sehingga kalau burung ngelabrak, paruh tidak akan melewati jeruji dan terluka.

Kerodong Burung Kicau
2. Jangan langsung mengkrodong burung yang baru saja di turunkan dari jemuran.  Burung perlu di angin-anginkan dulu sebelum di kerodong. kalo tidak akan berpengaruh dengan temperatur suhu badan burung kicau kita.

3. Gunakanlah warna-warna kerodong yang netral. atau gunakan warna gelap saat malam hari dan warna terang saat siang hari, Karena warna gelap lebih berkonsentrasi pada penyerapan panas sehingga kandang menjadi hangat dan membuat burung nyaman, dan sebaliknya warna terang memantulkan cahaya/panas sehingga membut sangkar sejuk dan tidak terlalu panas. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemeliharaan Burung Kacer - Pemilihan Sangkar dan Krodong yang Ideal Bagi Burung Kacer

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!