Menyadari pentingnya memahami karakteristik pada tiap-tiap jenis burung kicau, Blog ini akan membantu Untuk memahanmi 50 Jenis Burung Kicau Lengkap dengan Tips Perawatanya.

Penangkaran Burung Kacer - Unsur Pakan Bagi Burung Breeding (Kacer)

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan unsur di dalam pakan yang berfungsi sebagai sumber energi, pembakaran lemak, memperkecil oksidasi menjadi energi, dan juga memelihara fungsi alat-alat pencernaan burung kicau yang kita piara/rawat. Kadar karbohidrat dalam burung adalah 2%, sementara pakan burung yang baik adalah pakan burung yang mengandung kurang lebih 70% karbohidrat.
Unsur Penting pakan burung

2. Protein

Protein merupakan zat pembantu tubuh burung, dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak pada burung dan juaga sebagai bahan baku pembentuk enzim, hormon, dan zat anti bodi serta mengatur peredaran cairan tubunh burung dan juga zat yang larut di dalamnya.

Kekurangan protein menjadikan burung kicau yang kita sayangi menjadi kurus, bulu rusak, kerdil, kanibalisme, dan enggan berkicau. Burung kicai kita membutuhkan kurang lebih 35% protein dari berat badan burung kicau yang kita rawat. 

3. Lemak

Lemak merupakan sumber enerhi bagi burung, pengatur suhu tubuh burung, sebagai pelindung bagian tubuh, sebagai pengalir/membawa vitamin A, D, E, dan K. Burung harus mempunyai kadar lemak yang pas apa bila tidak akan membuat burung kicau kita gemuk atau mencret, dan enggan berkicau dan juga susah untuk menjadi birahi.

4. Vitamin

Vitamin berfungsi untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel empitel burung, memperlancar metabolisme burung, membentik jarinagan pengikat, membantu pembentukan tulang, dan membantu proses pembentukan darah burung.

Vitamin-vitamin utama yang di butuhkan burung antara lain adalah A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, C dan K3. Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin Hcl, Folic Acid( Salah Satu bentuk Vitamin B) dan Ca-D pentothenate. Setidaknya dari beberapa Vitamin yang di sebutkan harus di penuhi tergantung burung kicau yang kita peihara,

5. Mineral

Mineral adalah hal yang penting bagi burung, Mineral yang di butuhkan burung adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Sodium Chalorin dan Kalium.

Burung yang tercukupi mineralnya, burung tersebut akan menjadi kuat bulu-bulunya dan akan menjadi berkilau/halus, tidak terkena penyakit, Jika itu indukan anak burung akan menetas dengan sehat,

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penangkaran Burung Kacer - Unsur Pakan Bagi Burung Breeding (Kacer)

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Jiaka Ada Komentar Jangan Ragu Ragu !!!